Search for collections on Undip Repository

Hubungan Picky Eating dan Kualitas Diet dengan Status Gizi pada Anak Prasekolah

Auliatin, Nawati and Margawati, Ani and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Hubungan Picky Eating dan Kualitas Diet dengan Status Gizi pada Anak Prasekolah. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Nawati Auliatin.pdf

Download (138kB)

Abstract

Latar Belakang: Picky eating mengacu pada perilaku makan hanya jenis tertentu dan enggan mencoba makanan baru sehingga asupan tidak bervariasi yang berisiko pada terjadinya masalah gizi. Kualitas diet perlu diperhatikan untuk mengetahui mutu asupan guna mencegah masalah gizi anak. Tujuan: Mengetahui hubungan picky eating dan kualitas diet dengan status gizi pada anak prasekolah.
Metode: Penelitian observasional dengan desain cross sectional. Subjek dipilih secara consecutive sampling sebesar 97 subjek. Data yang diambil yaitu picky eating, data asupan untuk kualitas diet, aktivitas fisik, tinggi dan berat badan anak, usia ibu, pendidikan ibu, pendapatan keluarga, dan jumlah anak. Status gizi dikategorikan berdasarkan z-score berat badan menurut tinggi badan (BB/TB), berat badan menurut umur (BB/U) dan tinggi badan menurut umur (TB/U). Data diuji dengan analisis korelasi spearman rank dan regresi linier berganda dengan CI 95%.
Hasil: Persentase picky eating sebanyak 39%, kualitas diet rendah 92%, aktivitas fisik kurang 37% dari total subjek. Rerata z-score BB/TB, BB/U, dan TB/U adalah -0,41±1,36 SD, -0,9±1,26 SD, dan
-1,01±1,26 SD. Terdapat hubungan picky eating dengan status gizi BB/TB (p=0,012) dan BB/U (p=0,016). Tidak terdapat hubungan kualitas diet dengan status gizi (p>0,05) namun moderasi berhubungan dengan BB/U (p=0,040).
Simpulan: Terdapat hubungan picky eating dengan status gizi BB/TB dan BB/U. Tidak terdapat hubungan kualitas diet dengan status gizi, namun moderasi berhubungan dengan status gizi BB/U anak prasekolah.

Kata Kunci: Picky eating, Kualitas Diet, Status Gizi, Anak Prasekolah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:32
Last Modified: 25 Mar 2024 07:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item View Item