Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI METODE TOCM-MT (Total Opportunity Cost Matrix – Minimal Total) UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI DALAM BENTUK BILANGAN FUZZY TRAPEZOIDAL

Tifadi, Amanda Marella (2024) IMPLEMENTASI METODE TOCM-MT (Total Opportunity Cost Matrix – Minimal Total) UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI DALAM BENTUK BILANGAN FUZZY TRAPEZOIDAL. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
FILE 1 COVER - Amanda Marella.docx

Download (115kB)
[img] Text
FILE 2 ISI - Amanda Marella.docx
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 3 - Amanda Marella.docx

Download (20kB)

Abstract

Masalah transportasi dalam bidang riset operasi merupakan masalah bagaimana mengatur pendistribusian barang atau jasa dari beberapa sumber sampai ke sejumlah lokasi secara optimal sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan dapat minimal. Pembentukan model transportasi pada masalah di dunia nyata nilai parameternya tidak selalu tegas. Banyak faktor yang tidak terkendali, sehingga menimbulkan masalah transportasi fuzzy. Penyelesaian masalah transportasi terdapat dua langkah yaitu, menentukan solusi fisibel awal dan dilanjut dengan mencari solusi optimal dari solusi fisibel awal. Metode TOCM-MT merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencari solusi fisibel awal dari masalah transportasi. Diberikan simulasi data pada 2 masalah transportasi trapezoidal fuzzy menggunakan metode TOCM-MT, lalu hasil yang diperoleh dibandingkan dengan metode VAM. Berikutnya, dilakukan perhitungan untuk solusi optimal menggunakan metode Stepping Stone dari hasil solusi fisibel awal menggunakan metode TOCM-MT. Berdasarkan simulasi, diperoleh bahwa metode TOCM-MT memberikan solusi fisibel yang lebih baik dari metode VAM. Hasil dari perhitungan simulasi solusi optimal menunjukkan bahwa metode TOCM-MT dapat langsung memberikan solusi yang optimal untuk kedua contoh masalah transportasi trapezoidal fuzzy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:57
Last Modified: 25 Mar 2024 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22035

Actions (login required)

View Item View Item