Search for collections on Undip Repository

PENDUGAAN UMUR SIMPAN FRUIT LEATHER JAMBU BIJI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR BERDASARKAN KADAR VITAMIN C DAN AKTIVITAS AIR (Aw)

Zainatul Fathinah, Haya and Nur Afifah, Diana and Ayustaningwarno, Fitriyono and Rustanti, Ninik PENDUGAAN UMUR SIMPAN FRUIT LEATHER JAMBU BIJI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR BERDASARKAN KADAR VITAMIN C DAN AKTIVITAS AIR (Aw). -. (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK-Haya Zainatul Fathinah.pdf

Download (443kB)

Abstract

Latar Belakang: Anemia defisiensi besi termasuk masalah kesehatan global yang dapat dikendalikan salah satunya dengan konsumsi makanan cukup zat besi. Fruit leather berbahan jambu biji dengan penambahan tepung daun kelor sebagai alternatif makanan bagi anemia. Pencantuman informasi umur simpan (shelf life) merupakan suatu hal yang sangat penting karena berkaitan dengan keamanan produk pangan.
Tujuan: Menganalisis pendugaan umur simpan fruit leather jambu biji dengan penambahan tepung daun kelor dengan metode ASLT (Accelerated Shelf-Life Test) metode Arrhenius.
Metode: Pendugaan umur simpan fruit leather jambu biji dengan penambahan daun kelor dikemas menggunakan metalized plastic yang disimpan pada inkubator suhu 25 °C, 35 °C, dan 45 °C selama 28 hari dengan rentang waktu setiap 7 hari sekali berdasarkan parameter vitamin C dan Aw (Aktivitas Air).
Hasil: Nilai parameter vitamin C memiliki energi aktivasi terkecil sehingga digunakan untuk penentuan umur simpan produk dengan reaksi ordo satu regresi y= -2378,9x + 4,0881 dengan nilai R² = 0,9331. Hasil perhitungan umur simpan 34 hari pada suhu 25°C, 26 hari pada suhu 35°C, dan 21 hari pada suhu 45°C.
Simpulan: Semakin tinggi suhu maka semakin pendek umur simpan yang didapatkan. Penentuan umur simpan fruit leather menggunakan kemasan metalized plastic dengan metode ASLT model Arrhenius menghasilkan umur simpan selama 34 hari pada 25°C.
Kata Kunci: vitamin C, aktivitas air (Aw), fruit leather, umur simpan, arrhenius

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:35
Last Modified: 25 Mar 2024 02:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22012

Actions (login required)

View Item View Item