Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kualitas Tidur dan Durasi Tidur dengan Indeks Massa Tubuh pada Usia Dewasa Muda

Islamiyah, Adlina and Pramono, Adriyan and Nugraheni, Arwinda Hubungan Kualitas Tidur dan Durasi Tidur dengan Indeks Massa Tubuh pada Usia Dewasa Muda. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Adlina Islamiyah.pdf

Download (175kB)

Abstract

Latar belakang: Obesitas dan kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan global yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Obesitas mungkin berhubungan dengan kualitas dan durasi tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa durasi tidur pendek meningkatkan risiko obesitas.
Tujuan: Mengkaji hubungan antara kualitas tidur dan durasi tidur dengan indeks massa tubuh (IMT) pada usia dewasa
Metode: Desain penelitian dengan cross-sectional melibatkan 112 subjek mahasiswa usia dewasa muda dengan metode pengambilan sampel melalui consecutive sampling. Variabel bebas terdiri dari kualitas tidur dan durasi tidur. Aktivitas fisik, asupan makanan dan stres menjadi variabel perancu. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson, kemudian dilakukan analisis multivariat regresi linear berganda.
Hasil: Dalam penelitian ini ditemukan bahwa durasi tidur berkaitan dengan IMT (r =-0.399; p<0,001). Akan tetapi tidak ditemukan hubungan antara kualitas tidur, aktivitas fisik, sedentary lifestyle, tingkat stres, energi, asupan protein, lemak, dan karbohidrat dengan IMT (p>0,05). Dalam penelitian ini, terdapat korelasi yang menunjukkan bahwa durasi tidur berkaitan dengan peningkatan IMT (R2=0,159; β=-1,231; p<0,001)
Simpulan: Durasi tidur yang pendek berhubungan dengan IMT yang lebih tinggi pada usia dewasa.
Kata Kunci: Durasi tidur, kualitas tidur, IMT

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:45
Last Modified: 22 Mar 2024 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item