Search for collections on Undip Repository

Analisis Flavonoid, Total Fenol, dan Aktivitas Antioksidan Snackbar Berbasis Tepung Jewawut dan Biji Labu Kuning Sebagai Makanan Selingan Penderita Diabetes Melitus Tipe II

Aurelia Safira, Deandra and Nur Afifah, Diana and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Sandi Wijayanti, Hartanti Analisis Flavonoid, Total Fenol, dan Aktivitas Antioksidan Snackbar Berbasis Tepung Jewawut dan Biji Labu Kuning Sebagai Makanan Selingan Penderita Diabetes Melitus Tipe II. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Deandra Aurelia Safira.pdf

Download (463kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Salah satu bentuk pencegahan diabetes melitus tipe II yaitu dengan memanfaatkan bahan pangan tinggi antioksidan alami seperti jewawut dan biji labu kuning dalam bentuk selingan berupa snackbar. Kandungan flavonoid, fenol, dan aktivitas antioksidan yang terkandung pada jewawut dan biji labu kuning diketahui berkontribusi terhadap pencegahan diabetes melitus tipe II.
Tujuan : Mengetahui hasil kandungan bioaktif pada snackbar berbasis tepung jewawut dan biji labu kuning pada formulasi yang berbeda.
Metode : Penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap meliputi 4 kelompok perlakuan formulasi F0 (kontrol), F1 (5:3), F2 (1:1), dan F3 (3:5). Kandungan total flavonoid dianalisis menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis dengan metode AlCl3, total fenol menggunakan metode Follin-Ciocalteau, aktivitas antioksidan dengan metode DPPH. Analisis univariat dilakukan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji statistik One Way Anova pada derajat kepercayaan 95% dengan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc Duncan untuk melihat beda nyata antar formulasi.
Hasil : Terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) dari perbedaan perlakuan formulasi terhadap total flavonoid, total fenol, dan aktivitas antioksidan. Perlakuan F2 menghasilkan total flavonoid, total fenol, dan aktivitas antioksidan tertinggi sebesar 0.003 ± < 0,001 mgQE/g, 0,060 ± 0,002 mgGAE/g, Nilai IC50 32262,13 ± 1121,95 ppm.
Simpulan : Formulasi snackbar yang berbeda memberikan pengaruh signifikan terhadap total flavonoid, total fenol, dan aktivitas antioksidan. Total flavonoid, total fenol, dan aktivitas antioksidan pada seluruh formulasi snackbar belum memenuhi rekomendasi yang dibutuhkan pada penderita diabetes melitus tipe II.
Kata kunci: Jewawut, biji labu kuning, flavonoid, fenol, aktivitas antioksidan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:31
Last Modified: 22 Mar 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item