Search for collections on Undip Repository

Efek Hepatoprotektif Formula Enteral Hepatomocine Enriched BCAA dan β-Karoten Terhadap Kadar Enzim Aspartate Aminotransferase Tikus Sprague-Dawley dengan Induksi Thioacetamide

Zidha Fadhila, Alfi and Syauqy, Ahmad and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Efek Hepatoprotektif Formula Enteral Hepatomocine Enriched BCAA dan β-Karoten Terhadap Kadar Enzim Aspartate Aminotransferase Tikus Sprague-Dawley dengan Induksi Thioacetamide. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Alfi Zidha Fadhila.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Abstrak-Alfi Zidha Fadhila.pdf

Download (395kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit hati kronik didasari dari adanya inflamasi dan kerusakan pada sel hati. Hal tersebut menyebabkan adanya pelepasan AST ke dalam darah, sehingga kadarnya meningkat saat diukur. Formula enteral Hepatomocine memiliki kandungan BCAA, β-karoten, dan MCT yang berpotensi menurunkan kadar AST.

Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian formula enteral Hepatomocine terhadap kadar AST pada tikus Sprague-Dawley dengan induksi thioacetamie.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian true experimental pre – post test with randomized control group design menggunakan 24 tikus Sprague Dawley dewasa dalam 4 kelompok. Kelompok K-, P1, dan P2 diinduksi dengan thioacetamide 400 mg/kgBB. Kelompok P1 diberikan formula enteral Hepatomocine dan P2 diberikan formula enteral Hepatomocine enriched BCAA dan β-karoten, masing-masing dengan jumlah yang sama yaitu 5,04 g/200gBB dan selama 28 hari. Kadar AST ditentukan dengan menggunakan spektrofotometri. Analisis statistik menggunakan Paired T-Test, Uji Oneway Anova dengan uji lanjutan Tukey, dan Uji Kruskal Wallis dengan uji lanjutan Mann Whitney.

Hasil: Kadar AST pada kelompok P1 dan P2 memiliki perbedaan yang signifikan (p<0,5) terhadap kelompok K- dan K+. Formula enteral Hepatomocine dapat menurunkan kadar AST pada kelompok P1 dan P2. Penurunan kadar AST yang paling signifikan terjadi pada kelompok yang diberikan formula enteral Hepatomocine enriched BCAA dan β-karoten.

Kesimpulan: Formula enteral Hepatomocine dapat menurunkan kadar AST pada tikus Sprague Dawley yang diinduksi dengan thioacetamide.

Kata Kunci: formula enteral, BCAA, β-karoten, penyakit hati, aspartate aminotransferase

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:59
Last Modified: 22 Mar 2024 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21992

Actions (login required)

View Item View Item