Search for collections on Undip Repository

MEMBANGUN PENDEKATAN INTEGRAL PENANGGULANGAN KEJAHATAN PROSTITUSI ONLINE DI INDONESIA

Khadafi, Andi (2024) MEMBANGUN PENDEKATAN INTEGRAL PENANGGULANGAN KEJAHATAN PROSTITUSI ONLINE DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Disertation)
Andi Khadafi Cover.pdf - Accepted Version

Download (417kB)

Abstract

Praktik prostitusi konvensional (offline) telah berevolusi dengan menggunakan sarana teknologi informasi menjadi praktik prostitusi online. Menghadapi masalah praktik prostitusi berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasinya. Upaya untuk menanggulangi kejahatan tersebut adalah melalui penggunaan kebijakan kriminal. Berdasarkan perihal tersebut, disertasi ini memfokuskan untuk menjawab 2 (dua) pertanyaan akademis, yaitu: Apakah kebijakan kriminal dalam menanggulangi kejahatan prostitusi online saat ini sudah bersifat integral? dan Bagaimana membangun pendekatan integral penanggulangan kejahatan prostitusi online di Indonesia yang akan datang? Berdasarkan dua pokok permasalahan ini, ditujukan untuk mengkaji dan menganalisis kebijakan kriminal dalam menanggulangi kejahatan prostitusi online saat ini dan membangun pendekatan integral dalam penanggulangan kejahatan prostitusi online yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dalam arti luas atau pendekatan sosio legal dengan menggunakan paradigma post positivism. Penelitian ini juga menggunakan bahan hukum primer, sekunder dan tersier serta wawancara sebagai pendukung atas bahan hukum yang ada. Analisis bahan hukum dilakukan menggunakan pendekatan perundang-undangan, sejarah, pendekatan konseptual dan pendekatan perbandingan.
Penelitian menunjukkan, pertama tentang kebijakan kriminal dalam menanggulangi kejahatan prostitusi online saat ini belum bersifat integral, dikarenakan: upaya penanggulangan tindak kejahatan prostitusi online saat ini masih menitikberatkan kepada penanggulangan tindak kejahatan prostitusi online dengan menggunakan jalur penal dari pada jalur nonpenal sehingga terjadinya ketidakseimbangan hukum dan memandang hukum mempunyai kekuatan pada kehendak pemegang kekuasaan di mana manusia tidak diperdayakan sebagai subjek hukum yang harus dihormati berlandaskan sistem norma, sistem perilaku dan sistem nilai berbasis Pancasila serta sistem hukum nasional masih warisan Belanda yang menganut civil law system. Kedua, Membangun pendekatan integral penanggulangan kejahatan prostitusi online di Indonesia yang akan datang dengan melakukan komparasi berbagai negara kedalam sistem lokal secara proposional, dan mengintegralkan berbagai pendekatan multi interdisiplin.
Rekomendasi hasil penelitian ini bahwa upaya penanggulangan tindak kejahatan prostitusi online di Indonesia secara integral bisa mengadopsi model legislasi yang ada di negara Kanada, dengan menggunakan model nordik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Silahkan Menghubungi Perpustakaan Doktor Hukum Undip Jika Memerlukan file ini
Uncontrolled Keywords: Membangun Pendekatan Integral, Penanggulangan Kejahatan, Prostitusi Online
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Doctor Program in Law
Depositing User: Dyan Pitra Chrisnawan
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:38
Last Modified: 22 Mar 2024 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item