Search for collections on Undip Repository

SURVEI KEBERADAAN FAKTOR RISIKO TUBERKULOSIS SERTA ALASANNYA PADA PENDERITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTOSA BARU KOTA MEDAN

ANSAR, AFRA NABILA (2024) SURVEI KEBERADAAN FAKTOR RISIKO TUBERKULOSIS SERTA ALASANNYA PADA PENDERITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTOSA BARU KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AFRA NABILA.pdf - Published Version

Download (436kB)

Abstract

Latar belakang: Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Kasus tuberkulosis di kota Medan diketahui masih tinggi diketahui bahwa 10.316 orang per 100.000 penduduk yang kasusnya diketahui dan diobati. Puskesmas Sentosa Baru merupakan salah satu puskesmas yang memiliki kasus Tuberkulosis terbanyak di Kota Medan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan faktor risiko tuberkulosis serta alasannya pada penderita di wilayah kerja Puskesmas Sentosa Baru. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Observasional dengan desain studi Cross-sectional. Subjek penelitian ini sebanyak 64 responden yang merupakan penderita Tuberkulosis diwilayah kerja Puskesmas Sentosa Baru diambil dengan metode Systematic Random Sampling. Hasil : Mayoritas berumur produktif dengan tingkat pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas dan berpengatahuan baik (50%) dan kurang (50%). Kebiasaan merokok banyak ditemukan pada kategori sedang (31,3%) dan kebiasaan memakai masker yang kurang (65,5%). Sebagian besar sudah memiliki kebiasaan membuka jendela (67,2%), namun tidak pernah membuang dahak di wadah khusus (40,6%). Observasi yang dilakukan diperoleh bahwa mayoritas sudah memiliki jenis lantai dan dinding yang memenuhi syarat, namun hanya (15,6%) yang memiliki genting kaca dirumahnya. Berdasarkan hasil penelitian dengan cross-tab antara tingkat pengetahuan, umur dan tingkat pendidikan dengan faktor risiko. Kesimpulan : Diketahui frekuensi setiap variabel yang diteliti yaitu umur, tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, jenis lantai, jenis dinding, ketersedian genting kaca, kebiasaan merokok, kebiasaan memakai masker, kebiasaan membuka jendela, kebiasaan membuang dahak serta alasan yang mempengaruhinya.
Kata Kunci : Tuberkulosis, Faktor Risiko, Alasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:34
Last Modified: 21 Mar 2024 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21955

Actions (login required)

View Item View Item