Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA PASCA PERSALINAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS PADANGSARI)

MANULLANG, JESSIKA PUTRI NATASYA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA PASCA PERSALINAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS PADANGSARI). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO JESSIKA.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Keluarga berencana pasca persalinan merupakan salah satu program untuk mengatasi angka kematian ibu dengan kondisi terlalu muda melahirkan, terlalu sering melahirkan, terlalu dekat jarak melahirkan, dan terlalu tua melahirkan dimana sasaran program adalah ibu yang baru melahirkan 0-42 hari dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Kematian akibat komplikasi pasca melahirkan merupakan penyebab terbesar terjadinya kematian pada ibu. Akan tetapi, pemanfaatan pelayanan keluarga berencana di wilayah kerja Puskemas Padangsari sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan keluarga berencana pasca persalinan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel berjumlah 103 responden ibu bersalin periode Januari sampai Desember 2023. Hasil analisis menggunakan uji regresi logistik menunjukkan bahwa ,faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan keluarga berencana pasca persalinan di wilayah kerja Puskesmas Padangsari adalah persepsi kebutuhan (p=0,001 ; OR=11,022), dan kepuasan pelanggan (p=0,005; OR=9,927). Sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan keluarga berencana pasca persalinan adalah ketidakpercayaan, riwayat pengobatan, komunikasi antara penyedia layanan dengan pasien, dan kompetensi berbasis budaya.

Kata kunci : Pemanfaatan Pelayanan,Keluarga Berencana, Pasca Persalinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:20
Last Modified: 21 Mar 2024 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item