Search for collections on Undip Repository

STUDI KUALITATIF: ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS) DI KONVEKSI X KOTA JAKARTA UTARA

JAUZA, CELICA (2024) STUDI KUALITATIF: ANALISIS POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS) DI KONVEKSI X KOTA JAKARTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO CELICA.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Konveksi X merupakan usaha sektor informal atau dapat disebut home industry yang menjahit pola kain menjadi pakaian jadi siap pakai. Pada proses pekerjaan pada konveksi ini terdapat potensi bahaya yang dapat menyebabkan minor injury hingga major injury. Konveksi X juga belum terdapat prosedur mengenai keselamatan dan kesehatan kerja serta prosedur proses kerja beserta analisis potensi bahaya dan pengendalian secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis potensi bahaya dengan metode FMEA (Failure Modes and Effect Analysis) pada Konveksi X. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan lima orang informan utama dan satu orang triangulasi. Didapatkan hasil yaitu nilai RPN dengan kategori tinggi terdapat pada pada proses kerja menyetrika yaitu selang tangki bocor dapat menyebabkan semburan api dari selang dengan nilai RPN sebesar 216, tangki air kosong saat digunakan dapat menyebabkan ledakan tangki dengan nilai RPN sebesar 210 dan pada proses kerja menjahit yaitu beban karung yang terlalu berat dengan nilai RPN sebesar 200.
Kata kunci : Potensi Bahaya, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:23
Last Modified: 20 Mar 2024 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21896

Actions (login required)

View Item View Item