Search for collections on Undip Repository

"METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) DENGAN METODE PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID (ROC) DAN ENTROPY SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KABUPATEN/KOTA PENERIMA BANTUAN SOSIAL"

Qoyyimah, Qoyyimah (2024) "METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) DENGAN METODE PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID (ROC) DAN ENTROPY SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KABUPATEN/KOTA PENERIMA BANTUAN SOSIAL". Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
File 1 Pendahuluan - Qoyyim _.pdf

Download (268kB)
[img] Text
File 2 Isi - Qoyyim _.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 DAFTAR PUSTAKA - Qoyyim _.pdf

Download (170kB)

Abstract

"Pemberian bantuan sosial adalah salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan. Masalah kemiskinan dapat memicu permasalahan sosial yang berkaitan erat dengan kualitas pendidikan, kriminalitas, kelaparan, dan lain-lain. Sistem pendukung keputusan dapat membantu pemerintah untuk menentukan kabupaten/kota sebagai penerima bantuan sosial. Salah satu metode MADM yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Dalam beberapa kasus, data yang digunakan berbentuk fuzzy sehingga dalam tugas akhir ini digunakan metode yang disebut Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW). Dalam metode FSAW, kriteria yang ditetapkan akan diberi bobot menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Entropy. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi dari metode FSAW-ROC dan FSAW-Entropy sebagai pendukung keputusan penentuan kabupaten/kota penerima bantuan sosial di Provinsi Jawa Tengah. Dalam penggunaan metode ini digunakan empat kriteria, yaitu angka melek huruf (AMH), pengeluaran perkapita, jumlah penduduk, dan angka harapan hidup (AHH). Hasil perankingan mendapatkan hasil akhir yang sama yaitu Kabupaten Blora sebagai alternatif terbaik, sehingga Kabupaten Blora berhak mendapatkan program bantuan sosial dari pemerintah.
Kata kunci : Bantuan sosial, Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Simple Additive Weight, Rank Order Centroid, Entropy"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:05
Last Modified: 19 Mar 2024 00:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item