Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN POSTUR KERJA DAN DURASI KERJA TERHADAP KELUHAN LOW BACK PAIN (LBP) SAAT TINDAKAN SCALING PADA DOKTER GIGI MUDA DI UNIVERSITAS X SEMARANG

RISKI, LUCYANA DEVINA (2024) HUBUNGAN POSTUR KERJA DAN DURASI KERJA TERHADAP KELUHAN LOW BACK PAIN (LBP) SAAT TINDAKAN SCALING PADA DOKTER GIGI MUDA DI UNIVERSITAS X SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LUCYANA.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Nyeri Punggung Bawah (NPB) ialah gangguangan musculoskeletal yang diakibatkan oleh aktivitas tubuh yang janggal. Pada tahun 2017, penderita NPB di Indonesia sekitar 7,6% - 37%. Tidak dipungkiri gangguan NPB dapat terjadi pada dokter gigi muda saat melakukan tindakan perawatan gigi pada pasien. Pada saat melakukan tindakan perawatan gigi, dokter, gigi muda banyak yang mengabaikan posisi tubuhnya dan lebih mementingkan kenyamanan pasiennya, sehingga tak jarang mereka akan bekerja dengan postur yang janggal dan statis dalam waktu cukup lama. Studi ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara posisi kerja dan durasi jam kerja dengan keluhan nyeri pada bagian bawah punggung saat melakukan tindakan scaling terhadap dokter gigi muda di Universitas X Semarang. Jenis penelitian ini ialah analisis kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengukuran variabel dilakukan melalui penggunaan kuesioner adaptasi Nordic Body Map dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Sampel penelitian diambil melalui penggunaan metode total sampling, melibatkan 34 responden sebagai populasi, dan data kemudian dianalisis melalui pengujian chi-square. Hasil temuan dalam studi ini menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikansi antara postur kerja dan durasi kerja dengan keluhan nyeri punggung bagian bawah, dengan nilai p yang signifikan pada masing-masing variabel sebesar 0.001. Postur kerja dan durasi kerja memiliki hubungan dengan keluhan nyeri pada bagian bawah punggung.

Kata kunci : nyeri punggung bawah; postur kerja; durasi kerja; dokter gigi muda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:00
Last Modified: 18 Mar 2024 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item