Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN POLA ASUH DAN STRATEGI KOPING ORANG TUA DARI ANAK DENGAN GANGGUAN PSIKOTIK

Syamsudin, Alfauzi and Hadiati, Titis and Margawati, Ani (2023) GAMBARAN POLA ASUH DAN STRATEGI KOPING ORANG TUA DARI ANAK DENGAN GANGGUAN PSIKOTIK. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK -THESIS.pdf

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang: Anak dengan gangguan psikotik lebih mungkin mengalami perilaku antisosial dan lebih banyak gejala depresi dan kecemasan. Adanya gangguan psikotik pada anak dapat mempersulit orang tua dalam menjalankan perannya sebagai orang tua. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui gambaran pola asuh dan strategi koping orang tua dari anak dengan gangguan psikotik.
Metode : Penelitian eksploratif bersifat kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di RSUP Dr. Kariadi dan RSJD Aminogondohutomo Semarang Provinsi Jawa Tengah. Analisa data dilakukan dengan pendekatan studi kasus.
Hasil : Dari enam sampel pasangan orangtua hampir keseluruhan ibu menunjukkan pola asuh otoriter, sedangkan pola asuh ayah beragam. Tiga orang tua menggunakan koping berfokus masalah dan sisanya koping berfokus emosi. Beberapa faktor yang mempengaruhi strategi koping berfokus emosi seperti tingkat pendidikan akhir SMA/ sederajat, pekerjaan di sektor non formal seperti montir, IRT, seniman, tidak bekerja dan adanya permasalahan ekonomi didalam keluarga, sedangkan usia yang sedikit lebih tua, pendidikan akhir sarjana, pekerjaan pada sektor formal (wiraswasta dan PNS) lebih menggunakan strategi koping berfokus masalah.
Kesimpulan : Pola asuh otoriter penelitian ini digambarkan dengan ketegasan berlebihan,banyak aturan sesuai harapan dan keinginan orangtua disertai kekerasan fisik. Strategi koping berfokus emosi selalu mengaitkan kondisinya dengan agama.

Kata kunci : Pola asuh, Strategi koping, Anak psikotik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pola asuh, Strategi koping, Anak psikotik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:38
Last Modified: 22 Mar 2024 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21813

Actions (login required)

View Item View Item