Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU PEDAGANG DALAM MENGELOLA SAMPAH DENGAN KEPADATAN LALAT PADA RUMAH MAKAN PADANG DI KECAMATAN TEMBALANG

PARAMITHA, SEKAR SANDYA (2024) HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU PEDAGANG DALAM MENGELOLA SAMPAH DENGAN KEPADATAN LALAT PADA RUMAH MAKAN PADANG DI KECAMATAN TEMBALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SEKAR SANDYA.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Rumah makan padang merupakan jenis usaha kuliner yang cukup digemari di Kecamatan Tembalang. Banyaknya jumlah rumah makan padang berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan. Tanpa adanya pengelolaan sampah yang dilakukan dengan tepat oleh pedagang, dapat menyebabkan munculnya vektor lalat yang dapat berkembangbiak di sekitar area rumah makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana hubungan faktor perilaku pedagang dalam mengelola sampah terhadap tingkat kepadatan lalat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 sampel pada rumah makan padang yang ada di Kecamatan Tembalang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pengukuran menggunakan lembar kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil pedagang rumah makan yang telah melakukan pemilahan sampah dengan baik (31,3%), tetapi para pedagang mayoritas telah menyediakan sarana pewadahan sampah yang memenuhi syarat (75,6%). Sebanyak 24 rumah makan padang ditemukan memiliki tingkat kepadatan lalat yang tinggi (53,3%). Didapatkan bawa terdapat hubungan antara pewadahan sampah dengan tingkat kepadatan lalat (p=0,030) dan tidak terdapat hubungan antara pemilahan sampah dengan tingkat kepadatan lalat. Temuan ini menunjukkan perlunya dukungan pedagang rumah makan dalam mengelola sampah yang dihasilkannya melalui penyediaan tempat sampah yang memenuhi syarat. Dengan begitu, populasi lalat di rumah makan dapat dikendalikan.

Kata Kunci : Sampah Makanan, Pengelolaan Sampah, Kepadatan Lalat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:10
Last Modified: 18 Mar 2024 01:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item