Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, SAFETY SIGN, KONDISI APD, DAN PENGAWASAN DENGAN PENGGUNAAN APD DEPO LOKOMOTIF SEMARANG PONCOL

GARDINIA, GENOVEVA (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, SAFETY SIGN, KONDISI APD, DAN PENGAWASAN DENGAN PENGGUNAAN APD DEPO LOKOMOTIF SEMARANG PONCOL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO GENOVEVA.pdf - Published Version

Download (438kB)

Abstract

Pekerja bagian pemeriksaan dan perawatan Depo Lokomotif Semarang Poncol memilki potensi bahaya tinggi karena pada pekerjaannya dituntut untuk berinteraksi langsung dengan sumber bahaya yaitu lokomotif. Alat pelindung diri (APD) wajib digunakan pada saat bekerja sebagai upaya pengendalian potensi bahaya yang diterima oleh pekerja pada saat melakukan pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan lokomotif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu, safety sign, kondisi APD, dan pengawasan dengan penggunaan APD. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Depo Lokomotif Semarang Poncol dengan sampel penelitian seluruh pekerja bagian pemeriksaan dan perawatan yang berjumlah 35 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan uji Chi-square dan Rank Spearman. Hasil analisis data didapatkan bahwa sebagian besar responden berusia dewasa awal sebanyak 88,6%, memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK/sederajat sebanyak 82,9%, memiliki masa kerja lama sebanyak 77,1%, memiliki pengetahuan baik sebanyak 88,6%, memiliki sikap baik sebanyak 51,4%, merasa safety sign baik sebanyak, 82,9%, merasa kondisi APD baik sebanyak 77,1%, serta merasa pengawasan baik sebanyak 65,7%. Hasil uji korelasi didapatkan adanya hubungan masa kerja (p-value = 0,039), pengetahuan (p-value = 0,008), safety sign (p-value = 0,017), dan kondisi APD (p-value =0,021) dengan penggunaan APD. Sedangkan usia (p-value = 0,635), tingkat pendidikan (p-value = 0,211), sikap (p-value = 0,137) dan pengawasan (p-value = 0,889) tidak memiliki hubungan dengan penggunaan APD.

Kata Kunci : safety sign, kondisi APD, pengawasan, penggunaan APD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:53
Last Modified: 15 Mar 2024 07:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item