Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA USIA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RANGKAPAN JAYA BARU

YUDANA, ZABRINA RIZKY (2024) ANALISIS PERAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA USIA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RANGKAPAN JAYA BARU. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ZABRINA.pdf - Published Version

Download (376kB)

Abstract

Hipertensi sebagai penyakit “silent killer” dengan angka kejadian yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut perlu adanya peningkatan upaya pencegahan dan pengendalian, salah satunya melalui SPM usia produktif. Puskesmas Rangkapan Jaya masih belum mencapai target SPM usia produktif, sehingga menginovasikan program pencegahan hipertensi untuk mencapai SPM usia produktif, khususnya remaja. Hasil studi pendahuluan pelaksanaan program belum berjalan optimal sebab stakeholders yang terlibat belum berperan dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran setiap stakeholder yang terlibat dalam program pencegahan hipertensi pada usia remaja di wilayah kerja Puskesmas Rangkapan Jaya Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling dan dikembangkan dengan snowball sampling. Penelitian ini menganalisis variabel power dan interest serta partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder yang memiliki kekuatan dan kepentingan tinggi berada pada posisi key players dengan upaya partisipasi collaborate, antara lain Kepala Puskesmas, PJ UKM, dan kader kesehatan. Stakeholder yang memiliki kekuatan dan kepentingan rendah, Lurah sebagai contest setter dengan upaya partisipasi consult. Stakeholder dengan kekuatan rendah dan kepentingan tinggi yang dimiliki oleh tenaga medis pada posisi subject dengan upaya partisipasi involve, sedangkan Kasie Kemas dan Ketua TP PKK Kelurahan sebagai subject upaya partisipasi melalui consult. Stakeholder dengan kekuatan lemah dan kepentingan rendah posisi crowd dengan upaya partisipasi melalui diseminasi inform, yaitu Ketua Posmaja Kelurahan, Ketua RW, dan Remaja. Stakeholders yang saling terlibat memiliki posisi kekuatan dan kepentingannya masing-masing. Stakeholders melaksanakan tugasnya sesuai dengan perannya. Upaya partisipasi yang diberikan sesuai dengan kekuatan dan kepentingan agar saling berkontribusi, sehingga program berjalan optimal.

Kata kunci : hipertensi, stakeholder, usia remaja, UKBM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:47
Last Modified: 15 Mar 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item