Anggraeni, Octovia Dwi (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR, SALES PROMOTION DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Cover (5).pdf - Submitted Version Download (930kB) |
|
Text
BAB 1 (3).pdf - Submitted Version Download (938kB) |
|
Text
BAB 2 (3).pdf - Submitted Version Download (479kB) |
|
Text
BAB 3 (3).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
|
Text
BAB 4 (3).pdf - Submitted Version Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf - Submitted Version Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN (5).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mendorong tumbuhnya banyak e-commerce yang
menimbulkan persaingan ketat antar perusahaan sehingga dibutuhkan strategi yang
tepat untuk dapat bersaing. Tokopedia menggunakan brand ambassador, sales
promotion dan hedonic shopping motivation sebagai salah satu strategi untuk dapat
bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
brand ambassador, sales promotion dan hedonic shopping motivation terhadap
keputusan pembelian pada pengguna e-commerce Tokopedia di Kota Semarang.
Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dengan Teknik
pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan Teknik
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online dan offline dengan
total sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna Tokopedia di
Kota Semarang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji koefisien
korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji
signifikansi (uji t dan uji F) dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel dan
SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1),
sales promotion (X2), hedonic shopping motivation (X3) secara parsial memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y),
serta variabel brand ambassador (X1), sales promotion (X2) dan hedonic shopping
motivation (X3) secara bersama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel keputusan pembelian (Y). Saran dalam penelitian ini adalah Tokopedia
dapat lebih memaksimalkan penggunaan brand ambassador, sales promotion dan
hedonic shopping motivation untuk dapat meingkatkan keputusan pembelian.
Kata Kunci : Brand Ambassador, Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation,
Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:53 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 06:53 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21778 |
Actions (login required)
View Item |