Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS DAN KEAMANAN METFORMIN TOPIKAL SEBAGAI AGEN DEPIGMENTASI PADA PASIEN MELASMA: Dalam Kajian Melasma Area and Severity Index Score dan Kejadian Efek Samping Obat (Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis)

MONICA, MONICA and Riyanto, Puguh and Malik, Diah Adriani (2024) EFEKTIVITAS DAN KEAMANAN METFORMIN TOPIKAL SEBAGAI AGEN DEPIGMENTASI PADA PASIEN MELASMA: Dalam Kajian Melasma Area and Severity Index Score dan Kejadian Efek Samping Obat (Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang:Melasma merupakan kelainan hiperpigmentasi kulit kronik terutama wajah yang sering ditemukan pada daerah tropis seperti Indonesia. Terapi lini pertama melasma meliputi fotoproteksi dan terapi topikal dengan baku emas, yaitu triple combination cream/TCC. Angka kekambuhan yang cukup tinggi, resolusi yang tidak tuntas, biaya terapi yang mahal, serta kejadian efek samping obat yang tinggi membuat banyak penelitian mengenai agen depigmentasi baru, salah satu yang terbaru yaitu metformin.
Tujuan:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanan metformin topikal sebagai agen depigmentasi pada pasien melasma.
Metode:Database elektronik PubMed-MEDLINE, Scopus, EBSCOhost, Cambridge Core, Elsevier Clinical Key, ProQuest, Springer Link, Cochrane library, ClinicalTrials.gov, Web of Science Master Journal List by Clarivate, World Health Organization international clinical trials registry, dan Google Scholar, serta hand searching dari jurnal dan perpustakaan di Indonesia yang memenuhi syarat telah dicari. Empat studi (n=170) termasuk dalam analisis kualitatif dengan 2 studi (n=80) dimasukkan ke dalam meta-analisis. Parameter yang digunakan untuk menilai efektivitas metformin topikal sebagai agen depigmentasi pada pasien melasma, yaitu skor MASI, sedangkan untuk menilai keamanan berdasarkan kejadian efek samping obat. Artikel dengan TCC dan plasebo dipilih sebagai kontrol dalam penelitian.
Hasil:Berdasarkan tinjauan sistematis dan meta-analisis, pemberian metformin topikal sama-sama dapat menurunkan skor MASI dengan kejadian efek samping yang lebih sedikit pada pasien melasma dibandingkan TCC.
Kesimpulan: Metformin 30% topikal sama efektifnya dan lebih aman dibandingkan TCC sebagai agen depigmentasi pada pasien melasma.
Kata Kunci: metformin topikal, triple combination cream/TCC, melasma

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metformin topikal, triple combination cream/TCC, melasma
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:27
Last Modified: 21 Mar 2024 02:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item