Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kelengkapan Imunisasi Dasar dan Kejadian Penyakit Infeksi dengan Status Gizi Anak

Riwanti, Feni and Margawati, Ani and Purwanti, Rachma and Sandi Wijayanti, Hartanti Hubungan Kelengkapan Imunisasi Dasar dan Kejadian Penyakit Infeksi dengan Status Gizi Anak. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Feni Riwanti.docx.pdf

Download (265kB)

Abstract

Latar belakang: Pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap dari 93,7% di tahun 2019 menjadi 83,3% di tahun 2020. Ketidaklengkapan imunisasi dasar menyebabkan anak rentan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Penyakit infeksi pada anak akan mengganggu pencernaan dan penyerapan makanan sehingga mempengaruhi status gizi anak.

Tujuan: Menganalisis hubungan kelengkapan imunisasi dasar dan kejadian penyakit infeksi dengan status gizi anak.

Metode: Studi observasional yang menggunakan metode cross sectional. Penelitian ini melibatkan 60 anak yang berusia antara 24-42 bulan, dengan teknik sampling consecutive sampling. Variabel bebas penelitian meliputi kelengkapan imunisasi dasar, kejadian PD3I, dan kejadian non PD3I (diare dan/atau ISPA) dengan variabel terikat status gizi, serta variabel perancu asupan gizi dan PHBS Rumah Tangga. Uji Chi square dan Fisher’s Exact Test digunakan untuk analisis bivariat kemudian dilanjutkan dengan uji regresi logistik berganda untuk analisis multivariat.

Hasil: Sebanyak 80% anak tidak mendapat imunisasi dasar secara lengkap, 10% anak pernah terinfeksi PD3I dan 45% pernah terinfeksi non PD3I. Serta terdapat 20% anak dengan status gizi kurang. Tidak ditemukan hubungan antara kelengkapan imunisasi dasar dan kejadian PD3I dengan status gizi anak (p value <0,05). Terdapat hubungan antara kejadian non PD3I (diare dan/atau ISPA) dengan status gizi anak (p value =0,017). Serta terdapat variabel perancu yang berkorelasi signifikan dengan status gizi anak yaitu asupan lemak (p value =0,020).

Kesimpulan: berdasarkan hasil uji statistik kelengkapan imunisasi dasar dan kejadian PD3I tidak berhubungan dengan status gizi anak. Terdapat hubungan antara kejadian non PD3I (diare dan/atau ISPA) dan asupan lemak dengan status gizi anak.

Kata kunci: imunisasi dasar, penyakit infeksi, status gizi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:39
Last Modified: 14 Mar 2024 01:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21753

Actions (login required)

View Item View Item