Search for collections on Undip Repository

Penentuan Solusi Fisibel Awal pada Masalah Transportasi Menggunakan Metode Improved Average Penalty Cost (IAPC) dan Solusi Optimal Menggunakan Metode MODI

Umamah, Umamah (2024) Penentuan Solusi Fisibel Awal pada Masalah Transportasi Menggunakan Metode Improved Average Penalty Cost (IAPC) dan Solusi Optimal Menggunakan Metode MODI. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1_Zulfa Umamah - Zulfa Umamah.pdf

Download (201kB)
[img] Text
File 2_Zulfa Umamah - Zulfa Umamah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
File 3_Zulfa Umamah - Zulfa Umamah.pdf

Download (83kB)

Abstract

"Masalah transportasi merupakan masalah pendistribusian barang dari beberapa sumber ke beberapa tujuan yang sering kali ditemukan di suatu perusahaan. Dalam menyelesaikan masalah transportasi diperlukan penemuan solusi fisibel awal untuk tercapai solusi optimal. Pada tugas akhir ini membahas tentang metode yang dikembangkan oleh Md. Munir Hossain untuk menemukan solusi fisibel awal pada masalah transportasi. Metode yang digunakan untuk menemukan solusi fisibel awal adalah metode Improved Average Penalty Cost (IAPC) dan untuk menentukan solusi optimal menggunakan metode Modified Distribution (MODI). Metode Improved Average Penalty Cost (IAPC) diterapkan pada simulasi numerik untuk menyelesaikan suatu permasalahan transportasi. Hasil dari simulasi numerik masalah transportasi seimbang dan tidak seimbang pada tugas akhir ini diperoleh hasil solusi fisibel awal yang mendekati optimal dengan solusi optimal menggunakan metode MODI. Dengan demikian, metode Improved Average Penalty Cost (IAPC) dapat digunakan untuk menemukan solusi fisibel awal pada masalah transportasi seimbang maupun tidak seimbang.

Kata kunci: Masalah Transportasi, Solusi Fisibel Awal, Metode Improved Average Penalty Cost (IAPC), Metode Modified Distribution (MODI)"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 13 Mar 2024 23:03
Last Modified: 13 Mar 2024 23:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item