Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Fungsi keanggotaan Segitiga dan Lonceng Untuk Memprediksi hasil Produksi Jamur Tiram Menggunakan Parameter Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis)

Nurhaqikah, Chika (2024) Perbandingan Fungsi keanggotaan Segitiga dan Lonceng Untuk Memprediksi hasil Produksi Jamur Tiram Menggunakan Parameter Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Chika Nurhaqikah.pdf

Download (359kB)
[img] Text
File 2 - Chika Nurhaqikah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - Chika Nurhaqikah.pdf

Download (159kB)

Abstract

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System atau sering kita kenal dengan Anfis merupakan gabungan dari logika fuzzy dengan jaringan syaraf tiruan. Gabungan dari logika fuzzy dan jaringan syaraf tiruan ini disebut dengan sistem hybrid. Dalam penelitian ini, penulis memprediksi hasil produksi jamur tiram menggunakan dua fungsi keanggotaan yang berbeda yaitu, fungsi keanggotaan segitiga (triangular) dan fungsi keanggotaan lonceng (gbell). Data akan dibagi menjadi dua bagian yaitu 70% sebagai data latih dan 30% sebagai data uji. Kemudian dari kedua fungsi keanggotaan tersebut akan dibandingkan nilai error-nya. Dari hasil prediksi Anfis didapat fungsi keanggotaan yang memiliki nilai error terkecil yaitu fungsi keanggotaan lonceng (generalized bell) dengan nilai RMSE 12,32.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 13 Mar 2024 22:51
Last Modified: 13 Mar 2024 22:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item