Search for collections on Undip Repository

Penyelesaian Numerik Menggunakan Metode Adam Bashforth dan Metode Milne Pada Model Sistem Penangkapan Ikan dengan Kebijakan Selektif: Studi Perikanan Muncar

Hanny, Pramishvary Aisyah (2024) Penyelesaian Numerik Menggunakan Metode Adam Bashforth dan Metode Milne Pada Model Sistem Penangkapan Ikan dengan Kebijakan Selektif: Studi Perikanan Muncar. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan (cover_pengesahan_abstrak) - Pramishvary Aisyah H.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Isi (daftar isi_bab 1_bab 3 & bab 4) - Pramishvary Aisyah H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka - Pramishvary Aisyah H.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada aplikasi penyelesaian numerik menggunakan metode Adam Bashforth dan Milne untuk model sistem penangkapan ikan dengan kebijakan selektif. Model tersebut dikonstruksikan sesuai penggambaran dinamika populasi ikan dan dampak dari kebijakan selektif terhadap hasil tangkapan. Perikanan Muncar merupakan salah satu pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia yang menghadapi permasalahan penangkapan ikan yang berlebihan, sehingga digunakan data empiris dari Perikanan Muncar sebagai kasus uji dan penentuan parameter pada model sistem. Kedua metode digunakan untuk mengaproksimasi solusi numerik dari model, hasil perhitungan dibandingkan guna mengevaluasi keefektifan, dan pengecekan stabilitas numerik guna mengetahui penggunaan kedua metode sudah tepat dalam menyelesaikan model. Hasil menunjukkan bahwa metode Adam Bashforth menghasilkan perhitungan yang lebih baik daripada metode Milne karena kedua variabel yakni predator dan prey memenuhi toleransi galat sebesar ε = 1×10^(-1). Penerapan kebijakan selektif dapat berpengaruh pada penjagaan stok ikan khususnya ikan teri dan ikan tongkol dengan hasil yang stabil, sehingga didapatkan gambaran stok ikan teri dan ikan tongkol yang terjaga. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada variasi aplikasi metode numerik khususnya pada bidang perikanan dan pengembangan kebijakan perikanan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 13 Mar 2024 22:44
Last Modified: 13 Mar 2024 22:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21746

Actions (login required)

View Item View Item