Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK PENJAMAH MAKANAN DENGAN KEBERADAAN SALMONELLA PADA MAKANAN WARMINDO DI KELURAHAN TEMBALANG

NGINAENI, REGHINA RIFA (2024) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK PENJAMAH MAKANAN DENGAN KEBERADAAN SALMONELLA PADA MAKANAN WARMINDO DI KELURAHAN TEMBALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO REGHINA.pdf - Published Version

Download (490kB)

Abstract

Penjamah makanan adalah kunci dalam proses pengolahan sampai penyajian makanan karena higiene penjamah dapat mempengaruhi kualitas keamanan pangan. Higiene penjamah dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, dan lama kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik penjamah makanan dengan keberadaan Salmonella pada makanan di warmindo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional dengan 37 responden penjamah makanan dan 37 sampel makanan dari 37 Warmindo di Kelurahan Tembalang. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara responden dan uji laboratorium pada makanan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 16,22% sampel makanan positif Salmonella. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p-value=0,970); usia (p-value=0,872), pendidikan (0,200); lama kerja (p-value=0,336) dengan keberadaan Salmonella. Sehingga karakteristik penjamah makanan tidak berhubungan dengan keberadaan Salmonella pada makanan Warmido di Kelurahan Tembalang.
Kata kunci : Penjamah Makanan, Higiene, Warmindo, Salmonella

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:25
Last Modified: 13 Mar 2024 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item