Search for collections on Undip Repository

BEBERAPA FAKTOR RISIKO PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN GEJALA CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PEGAWAI PENGGUNA KOMPUTER DI INSTANSI X

USMAN, ALDANIA LINOVA PUTRI (2024) BEBERAPA FAKTOR RISIKO PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN GEJALA CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PEGAWAI PENGGUNA KOMPUTER DI INSTANSI X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALDANIA.pdf - Published Version

Download (437kB)

Abstract

Carpal Tunnel Syndrome merupakan kondisi terjadinya peningkatan tekanan pada nervus medianus di area pergelangan tangan yang menimbulkan gejala seperti rasa nyeri, kesemutan, serta mati rasa pada pergelangan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beberapa faktor risiko pekerjaan dengan CTS pada pegawai pengguna komputer di Instansi X. Desain studi pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai pengguna komputer di Instansi X yang berjumlah 165 orang, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling, dan jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 64 orang. Data pada penelitian ini diperoleh dari pengisian Kuesioner Levine dan pemeriksaan Phalen’s Test untuk mengetahui adanya keluhan CTS, untuk mengetahui terkait masa kerja dan durasi istirahat diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner, dan untuk mengetahui gerakan repetitif dan postur pergelangan tangan diketahui melalui observasi langsung menggunakan stopwatch dan lembar observasi kepada pegawai pengguna komputer. Hasil penelitian ini, didapatkan bahwa 62.5% responden positif CTS. Kemudian dilakukan uji statistic Chi Square didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara durasi istirahat (p = 0,008), gerakan repetitif (p = 0,002), dan postur pergelangan tangan (p = 0,003) dengan keluhan CTS. Sedangkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara masa kerja (p = 0,435) dengan keluhan CTS pada pekerja pengguna komputer di Instansi X.
Kata Kunci : Carpal Tunnel Syndrome, Faktor Risiko Pekerjaan, Pegawai Pengguna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:09
Last Modified: 13 Mar 2024 07:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item