Search for collections on Undip Repository

PENGARUH VITAMIN D PADA MASA KEHAMILAN TERHADAP PERTUMBUHAN JANIN INTRAUTERIN, TULANG DAN BIOMARKER NEUROKOGNITIF ANAK USIA 2 TAHUN: Kajian Kadar bALP, Osteocalcin dan BDNF

Dewantiningrum, Julian and Pudjonarko, Dwi and Mexitalia, Maria and Ediati, Annastasia and Nurdiati, Detty Siti and Soejoenoes, Ariawan and Hadisaputro, Soeharyo (2024) PENGARUH VITAMIN D PADA MASA KEHAMILAN TERHADAP PERTUMBUHAN JANIN INTRAUTERIN, TULANG DAN BIOMARKER NEUROKOGNITIF ANAK USIA 2 TAHUN: Kajian Kadar bALP, Osteocalcin dan BDNF. Doctoral thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK JULIAN)
ABSTRAK JULIAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

Latar belakang : Penurunan angka kejadian stunting di Indonesia belum memenuhi standar WHO yaitu <20%. Salah satu mikronutien yang berpengaruh dalam fetal programming adalah vitamin D.
Tujuan : Membuktikan pengaruh defisiensi vitamin D pada masa kehamilan terhadap pertumbuhan tulang dan neurokognitif anak usia 2 tahun melalui pertumbuhan janin.
Metode : Desain penelitian adalah kohort retrospektif. Sebanyak 120 ibu hamil 20-24 minggu dengan janin tunggal dan hidup intrauterin dilakukan pemeriksaan kadar serum 25(OH)D dan USG. Subyek terbagi 2 kelompok, yaitu defisiensi dan normal. Subyek dieksklusi jika terdapat penyakit sistemik, kronik dan kelainan kongenital. Pertumbuhan janin dinilai berdasarkan kurva WHO. Kadar bALP dan osteocalcin sebagai parameter pertumbuhan tulang serta BDNF sebagai biomarker neurokognitif diukur pada anak usia 2 tahun. Analisis data untuk mengetahui nilai RR (95% IK) setelah mengontrol variabel perancu.
Hasil : Nilai RR (95% IK) pengaruh defisiensi vitamin D terhadap pertumbuhan janin, tulang dan neurokognitif anak berturut–turut adalah 0,74(0,24-2,34), 0,99(0,38-2,58) dan 1,45(0,63-3,4). Nilai RR (95% IK) pengaruh pertumbuhan janin terhadap tulang anak adalah 2,35 (0,58-9,5) dan neurokognitif anak adalah 1,06(0,35-3,1). Variabel perancu ibu yang dikontrol adalah usia, paritas, status gizi, anemia (kadar hemoglobin dan ferritin), asupan zat gizi, sosial ekonomi, prematur, tinggi badan, kadar zinc, IGF-1, CRP dan PTH. Variabel perancu anak yang dikontrol adalah asupan gizi, kadar IGF-1, kalsium, zinc, ferritin dan vitamin D.
Simpulan : Defisiensi vitamin D pada masa kehamilan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan neurokognitif anak usia 2 tahun baik secara langsung maupun melalui pertumbuhan janin.
Kata kunci : Kadar 25(OH)D; kurva WHO; bALP; osteocalcin; BDNF.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kadar 25(OH)D; kurva WHO; bALP; osteocalcin; BDNF.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Doctor Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:23
Last Modified: 20 Mar 2024 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21722

Actions (login required)

View Item View Item