Search for collections on Undip Repository

IMPLIKATUR IRONI PADA ANIME HAIKYUU!!KARYA HARUICHI FURUDATE 「ハイキュー!!」のアニメにおける アイロニーの推意古舘春一の作品

Suci Mayang Sari, Suci (2023) IMPLIKATUR IRONI PADA ANIME HAIKYUU!!KARYA HARUICHI FURUDATE 「ハイキュー!!」のアニメにおける アイロニーの推意古舘春一の作品. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI FULL_SUCI MAYANG SARI_13020218120013 - Suci Mayang Sari.docx

Download (219kB)

Abstract

Sari, Suci Mayang. 2023. “Implikatur Ironi pada Anime Haikyuu!! Karya Haruchi Furudate”. Skripsi. Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing: Reny Wiyatasari. S.S., M.Hum.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis ironi yang mengandung pelanggaran prinsip percakapan pada anime Haikyuu!! dan mengetahui jenis implikatur yang ada berdasarkan data yang telah ditemukan.Penulis menggunakan anime Haikyuu!!Season 1untuk memperoleh data. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode simak-catat. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan metode padan ekstralingual. Data dianalisis menggunakan teori dari Okamoto untuk menganalisis jenis ironi dan teori dari Levinson untuk menganalisis jenis implikatur. Data disajikan dengan metode penyajian informal.

Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan 20 data tuturan ironi yang mengandung pelanggaran prinsip percakapan yang paling banyak muncul adalah ironi tidak berkebalikan berupa tindak tutur tidak pantas dan cara berekspresi, serta implikatur yang paling banyak muncul adalah implikatur percakapan umum. Hal ini karena tuturan ironi dengan sengaja melanggar prinsip percakapan untuk menyampaikan maksud negatif pembicara dalam keadaan yang sebenarnya, diantaranya untuk mengkritik, menyindir, merendahkan dan mengintimidasi mitra tutur.

Kata kunci: ironi, pelanggaran prinsip percakapan, implikatur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:40
Last Modified: 13 Mar 2024 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21718

Actions (login required)

View Item View Item