Search for collections on Undip Repository

Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang 日本(にほん)のたこ,凧のはってん,発展のれきし,歴史とそのどくじせい,独自性

Nahl Fiqih Zulfikar, Fiqih (2023) Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang 日本(にほん)のたこ,凧のはってん,発展のれきし,歴史とそのどくじせい,独自性. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Skripsi Done Nahl Fiqih Zulfikar 1 - Fiqih Nahl.docx

Download (390kB)

Abstract

ABSTRAK
Zulfikar, NahlFiqih, 2023. “Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang”, Skripsi, Bahasa dan KebudayaanJepang, UniversitasDiponegoro, Semarang. PembimbingArsiWidiandari, S.S., M.Si.
Tujuanpenelitianiniadalahmenjelaskanlebihlanjutmengenai Sejarah perkembangantako, dan bagaimanasajakeunikan-keunikantakohinggasaatini.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif. Penelitiandeskriptifmerupakansuatumetodepenelitian yang menggambarkankarakteristikpopulasiataufenomena yang sedangditeliti, sepertihalnyapendapat yang dikemukakan oleh Sukmadinata (2011:72).Konsep yang digunakandalampenulisanskripsiadalahkonsepbudayamenurutKoentjaraningrat (2009).
Berdasarkanhasilanalisis yang dilakukan, diketahuibahwasejarahlayang-layangdi Jepangmulaidikenal pada zaman Heian (794-1185 M). Pada masa itulayang-layangseringdigunakansebagaialatkomunikasipembawapesanrahasia di istana. Periode Sengoku (Sengoku Jidai, 1467-1568 M) atau yang lebihdikenalsebagai “Zaman Negara Berperang”. Pada zaman sengoku, layang-layanglebihdimanfaatkansebagaialatmilitersaatberperang.Kemudian pada zaman edo (1603-1867 M) merupakan zaman perdamaiandalamsejarahJepang. Pada zaman Edo, layang-layangdigunakanuntuktujuankomersial, untukmempromosikanproduk dan jasa.
Terakhir, tako pada masa inimemilikiberbagaikeunikandalamwujudbudaya. Wujudbudayatersebutterletak pada1) darisegibahan yang digunakandalammembuattako, 2) keunikandarisegigambar pada tako, 3) jenis-jenisdaritako, 4) darisegifungsisosialpermainantakobagimasyarakatJepang, 5) darisegikepercayaan yang terbentuk pada permainantako, 6)darisegipelestariansenipembuatantako di era kontemporer7) sebagaimatapencaharian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:14
Last Modified: 07 Mar 2024 05:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21663

Actions (login required)

View Item View Item