Search for collections on Undip Repository

Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang 日本(にほん)のたこ,凧のはってん,発展のれきし,歴史とそのどくじせい,独自性

Nahl Fiqih Zulfikar, Fiqih (2023) Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang 日本(にほん)のたこ,凧のはってん,発展のれきし,歴史とそのどくじせい,独自性. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Zulfikar, NahlFiqih, 2023. “Sejarah Perkembangandan KeunikanTako di Jepang”, Skripsi, Bahasa dan KebudayaanJepang, UniversitasDiponegoro, Semarang. PembimbingArsiWidiandari, S.S., M.Si.
Tujuanpenelitianiniadalahmenjelaskanlebihlanjutmengenai Sejarah perkembangantako, dan bagaimanasajakeunikan-keunikantakohinggasaatini.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif. Penelitiandeskriptifmerupakansuatumetodepenelitian yang menggambarkankarakteristikpopulasiataufenomena yang sedangditeliti, sepertihalnyapendapat yang dikemukakan oleh Sukmadinata (2011:72).Konsep yang digunakandalampenulisanskripsiadalahkonsepbudayamenurutKoentjaraningrat (2009).
Berdasarkanhasilanalisis yang dilakukan, diketahuibahwasejarahlayang-layangdi Jepangmulaidikenal pada zaman Heian (794-1185 M). Pada masa itulayang-layangseringdigunakansebagaialatkomunikasipembawapesanrahasia di istana. Periode Sengoku (Sengoku Jidai, 1467-1568 M) atau yang lebihdikenalsebagai “Zaman Negara Berperang”. Pada zaman sengoku, layang-layanglebihdimanfaatkansebagaialatmilitersaatberperang.Kemudian pada zaman edo (1603-1867 M) merupakan zaman perdamaiandalamsejarahJepang. Pada zaman Edo, layang-layangdigunakanuntuktujuankomersial, untukmempromosikanproduk dan jasa.
Terakhir, tako pada masa inimemilikiberbagaikeunikandalamwujudbudaya. Wujudbudayatersebutterletak pada1) darisegibahan yang digunakandalammembuattako, 2) keunikandarisegigambar pada tako, 3) jenis-jenisdaritako, 4) darisegifungsisosialpermainantakobagimasyarakatJepang, 5) darisegikepercayaan yang terbentuk pada permainantako, 6)darisegipelestariansenipembuatantako di era kontemporer7) sebagaimatapencaharian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Users 192 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:14
Last Modified: 07 Mar 2024 05:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21663

Actions (login required)

View Item View Item