Search for collections on Undip Repository

PSEUDO-RELATIONSHIP ANTAR IDOLA DAN PENGGEMAR DALAM LIRIK LAGU ALBUM FACE YOURSELF OLEH BTS「防弾少年団」:KAJIAN STRUKTURAL DAN SEMIOTIK 防弾少年団のアルバム『FACE YOURSELF』からアイドルとファンの擬似関係

Shafira Shafa Mutia Sanyoto, Shafira (2023) PSEUDO-RELATIONSHIP ANTAR IDOLA DAN PENGGEMAR DALAM LIRIK LAGU ALBUM FACE YOURSELF OLEH BTS「防弾少年団」:KAJIAN STRUKTURAL DAN SEMIOTIK 防弾少年団のアルバム『FACE YOURSELF』からアイドルとファンの擬似関係. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
FIN SKRIPSI - SHAFIRA SHAFA - shafira shafa.docx

Download (312kB)

Abstract

INTISARI
Sanyoto, Shafira Shafa Mutia. 2023. “Pseudo-Relationship antar Idola dan PenggemardalamLirik Lagu Album Face Yourself oleh BTS「防弾少年団」: Kajian Struktural dan Semiotik”.Skripsi.Program Studi S-1 Bahasa dan KebudayaanJepang,FakultasIlmuBudaya, Universitas Diponegoro, Semarang.Dosen Pembimbing: Dian Annisa Nur Ridha, S.S., M.A. dan Nur Hastuti, S.S., M.Hum.
Penelitian ini membahaspseudo-relationshipatauhubungansemu yang terdapatdalamliriklagu album Face Yourselfoleh BTS, yaitu “Don’t Leave Me”, “Crystal Snow” dan “Let Go”.Penelitian ini menggunakan teori strukturpuisi yang meliputistrukturfisik dan strukturbatin, serta teori semiotikaMichael Riffaterre yang meliputiketidaklangsunganekspresi, pembacaanheuristik dan hermeneutik, matriks, model, dan varian, sertahipogram. Sumber data yang digunakandalampenelitian ini adalahtigaliriklagudarialbum Face Yourself oleh BTS.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahmetodestrukturaldenganpendekatansemiotika. Jenis penelitian ini adalahpenelitiankualitatifdenganmenggunakan data berupabahanpustaka. Teori yang digunakanadalah teori struktural dan teori semiotika Michael Riffaterre. Sehingga pada akhirnyadapatditemukanrepresentasi pseudo-relationship dalam makna liriklagu “Don’t Leave Me“, “Crystal Snow”, dan “Let Go”.
Berdasarkanhasilpenelitianditemukanbahwatigaliriklagu yang dianalisis pada album Face Yourself memiliki temayang berbeda-beda, tetapiterdapatketerkaitanantaraliriklagusatudengan yang lain.Keterkaitantersebutberupaseorang idola selalumengharapkankehadiranpara penggemardisisimereka.Terdapatpseudo-relationshipatauhubungansemuantar idola dan penggemardalam makna ketigaliriklagu yang diambildarisudutpandang sang idola. Hal tersebut merupakan refleksidariinteraksisosial yang terjalinantara idola dan penggemar.
Kata kunci: Lirik Lagu, Pseudo-Relationship, BTS, Idola dan Penggemar, Struktural dan Semiotik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 04:20
Last Modified: 07 Mar 2024 04:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item