Search for collections on Undip Repository

GAYA BAHASA METAFORA DALAM ALBUM THE BOOK KARYA YOASOBI (KAJIAN SEMANTIK) ヨアソビのアルブム「The Book」における隠喩的の表現スタイル 「意味論」

Adam Aprylliano Susakha, Adam (2023) GAYA BAHASA METAFORA DALAM ALBUM THE BOOK KARYA YOASOBI (KAJIAN SEMANTIK) ヨアソビのアルブム「The Book」における隠喩的の表現スタイル 「意味論」. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI FINAL_Adam Aprylliano Susakha - Adam Susakha.docx

Download (371kB)

Abstract

INTISARI

Susakha, Adam Aprylliano. 2023. “Gaya Bahasa Metafora dalam Album The Book Karya Yoasobi”. Skripsi. Program Studi S-1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing: Sriwahyu Istana Trahutami, S.S., M.Hum.
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendeskripsikan jenis metafora yang terdapat dalam lagu; 2. Untuk menjelaskan makna yang terkandung pada metafora; dan 3. Untuk menjelaskan fungsi-fungsi dari metafora. Data penelitian diperoleh dari enam buah lagu dalam album “The Book” karya Yoasobi.
Metode pengambilan data pada skripsi ini menggunakan metode simak dengan teknik catat. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan teori ranah dan sumber. Sedangkan untuk menyajikan hasil analisis menggunakan metode informal.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan terdapat 14 metafora pengabstrakan; 4 metafora antropomorfik; dan 8 metafora sinestetik dengan total 26 data. Kemudian dianalisis dengan teori ranah dan sumber ditemukan semua data terdapat metafora. Sedangkan untuk fungsi metafora terdapat 21 fungsi informasi dan 5 fungsi ekspresif.

Kata kunci: Metafora, lagu, ranah sumber, ranah sasaran, fungsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:53
Last Modified: 07 Mar 2024 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item