Search for collections on Undip Repository

MAKNA LIRIK LAGU BERTEMA PERJUANGAN DALAM ALBUM 10TH ANNIVERSARY BEST BLUEKARYAAQUA TIMEZ (KAJIAN SEMIOTIKA SASTRA)

Surya Adhi Romadhona, Surya (2023) MAKNA LIRIK LAGU BERTEMA PERJUANGAN DALAM ALBUM 10TH ANNIVERSARY BEST BLUEKARYAAQUA TIMEZ (KAJIAN SEMIOTIKA SASTRA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Surya Adhi Romadhona - Skripsi Sastra Jepang - スリャ.docx

Download (386kB)

Abstract

Surya Adhi Romadhona. 2023. “Makna Lirik Lagu Bertema Perjuangan Dalam Album 10th Anniversary Best BLUEKarya Aqua Timez (Kajian Semiotika Sastra)”. Skripsi Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing Nur Hastuti, S.S., M.Hum.
Penelitian ini menganalisis tema perjuangan yang diangkat melalui lirik lagu “Alones”,「最後までⅡ」(Saigo Made II), 「濃霧のち」(Noumu no Chi), dan 「メメント・モリ」(Memento Mori) dari album 10th Anniversary Best BLUE karya Aqua Timez. Aqua Timez merupakan salah satu grup band beraliran j-pop yang berasal dari Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tema perjuangan yang diangkat melalui keempat lirik lagu tersebut. Penelitian ini menggunakan teori struktur puisi menurut Pradopo serta teori semiotik Michael Riffaterre. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa lirik lagu “Alones”, 「最後までⅡ」(Saigo Made II), 「濃霧のち」(Noumu no Chi), dan 「メメント・モリ」(Memento Mori) memiliki kesamaan dalam tema yang dibawakan berupa tema perjuangan, antara lain “perjuangan dari seseorang yang berusaha untuk bangkit dari keterpurukan karena gagal dalam meraih impian”, “perjuangan dalam meraih suatu impian”, “perjuangan dari seseorang agar dapat bertahan hidup dengan kemampuannya sendiri”, serta “perjuangan untuk meraih suatu pencapaian dalam hidup”. Temuan ini sesuai dengan matriks dari tiap lirik lagu tersebut, yaitu 「苦悩から立ち上がる」(kunou kara tachiagaru), 「夢を諦めない」(yume wo akiramenai), 「恐怖を乗り越える」(kyoufu wo norikoeru), dan 「人生を無駄にしない」(jinsei wo muda ni shinai).

Kata kunci: Semiotika Riffaterre, Aqua Timez, tema perjuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:01
Last Modified: 07 Mar 2024 02:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21633

Actions (login required)

View Item View Item