Search for collections on Undip Repository

MAKNA IKATAN HUBUNGAN ANTARMANUSIA PADA ALBUM KIZUNAKARYA JO1 (Kajian Semiotika Sastra) JO1のアルバム『KIZUNA』から人々の人間関係の絆の意味

Maylafaizza Audiva Kyranni, Maylafaizza (2023) MAKNA IKATAN HUBUNGAN ANTARMANUSIA PADA ALBUM KIZUNAKARYA JO1 (Kajian Semiotika Sastra) JO1のアルバム『KIZUNA』から人々の人間関係の絆の意味. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
MAKNA IKATAN HUBUNGAN ANTARMANUSIA PADA ALBUM KIZUNAKARYA JO1.docx

Download (452kB)

Abstract

Kyranni, Maylafaizza Audiva. 2023. “Makna Ikatan Hubungan Antarmanusia Pada Album KIZUNA Karya JO1”.Skripsi, Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang. Dosen pembimbing Nur Hastuti, S.S. M.Hum.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan pemaknaan ikatan hubungan antarmanusia pada album KIZUNA karya JO1 berdasarkan teori struktur puisi yang meliputi struktur batin dan struktur fisik, serta teori semiotika Michael Riffaterre yang meliputi pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutik, matriks, model, varian, dan hipogram. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lirik empat lagu dari album KIZUNA karya JO1. Album tersebut dirilis pada tanggal 25 Mei 2022.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode struktural dengan pendekatan semiotika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan penelitian studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur puisi dan teori semiotika model Michael Riffaterre.
Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini, ditemukan bahwa lirik empat lagu yang dianalisis pada album KIZUNA memiliki tema cerita yang berbeda dan tidak memiliki rangkaian cerita yang berkesinambungan satu sama lain. Terdapat makna ikatan hubungan antarmanusia pada tiap lirik lagu yang berpusat pada sosok terkasih. Hal tersebut digambarkan melalui interaksi sosial yang terjalin antara sepasang kekasih pada tiap lirik lagu.
Kata kunci: lirik lagu, makna, semiotika, KIZUNA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 06 Mar 2024 09:00
Last Modified: 06 Mar 2024 09:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item