Maharani, Rania Rizqika (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BOGOR). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
1. COVER .pdf - Submitted Version Download (818kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version Download (163kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (135kB) |
|
Text
7. LAMPIRAN .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia.
Salah satu bukti nyata dari kemajuan teknologi informasi adalah kepopuleran
smartphone di kalangan masyarakat. Hal tersebut didukung dengan munculnya
berbagai macam merek smartphone, salah satu diantarnya Samsung. Permasalahan
terkait penurunan market share yang dialami Samsung menunjukkan ketatnya
persaingan pasar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk
memenangkan persaingan pasar adalah menghasilkan produk berkualitas dengan
harga yang sebanding sehingga konsumen merasa puas dan mempertahankan
loyalitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada
pengguna smartphone Samsung di Kota Bogor. Tipe penelitian ini adalah
explanatory research dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode
purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan software SmartPLS
SEM 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk maupun harga
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas
produk maupun harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas konsumen. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa terdapat
pengaruh antara kualitas produk maupun harga terhadap loyalitas konsumen
melalui kepuasan konsumen dengan mediasi parsial. Saran dalam penelitian ini
adalah Samsung perlu memperhatikan kualitas produk dan harga yang
ditawarkannya agar konsumen merasa bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan
apa yang diberikan.
Kata Kunci: Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 09:04 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21621 |
Actions (login required)
View Item |