Search for collections on Undip Repository

REPRESENTASI FENOMENATOXIC PARENTS TOKOHAYAH DALAM FILM FLYING COLORS KARYA SUTRADARA NOBUHIRO DOI KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES 土井裕泰監督の映画『ビリギャル』に於ける、父親の毒親現象の表現ローランド・バルトの記号論研究

GraceSentyStefania, Grace (2023) REPRESENTASI FENOMENATOXIC PARENTS TOKOHAYAH DALAM FILM FLYING COLORS KARYA SUTRADARA NOBUHIRO DOI KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES 土井裕泰監督の映画『ビリギャル』に於ける、父親の毒親現象の表現ローランド・バルトの記号論研究. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Isi Skripsi Grace Senty Stefania_13020219130051 Full_compressed (1)_compressed-compressed (1) - grace senty.docx

Download (97kB)

Abstract

INTISARI

Senty Stefania,Grace.2023.“Representasi Fenomena Toxic Parents Pada Tokoh AyahDalamFilmFlyingColorsKaryaSutradaraNobuhiroDoi:KajianSemiotika Roland Barthes”. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas IlmuBudaya,UniversitasDiponegoroSemarang.DosenPembimbingDianAnnisa Nur RidhaS.S., M.A.
Penelitianini menggunakan filmJepangyang berjudulFlyingColors (ビリギャル)karya Nobuhiro Doi sebagai objek material. Sementara objek formal pada penelitian ini yakni representasi fenomenatoxic parentspada tokoh Ayah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan metode simak catat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatannaratifdanpendekatansemiotika. Pendekatannaratifdigunakanuntuk mengkajiunsurnaratifpadafilmFlyingColors(ビリギャル)yangmeliputiunsur naratif terhadap ruang, naratif terhadap waktu, pelaku cerita, struktur tiga babak, danplot. Sementara pendekatan semiotika digunakanuntuk mengkajitanda-tanda toxic parents pada tokoh Ayah terhadap Sayaka dan Ryuuta.
TujuandaripenelitianiniyaknimemahamistrukturnaratiffilmFlying
Colors (ビリギャル) karya sutradara Nobuhiro Doi serta representasi toxic parents pada tokoh Ayah. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristiktoxic parents berdasarkan teori Susan Forward yang terdiri atas physical abusive parents, verbal abusiveparents, dan controller parents. Selain itu, hasil dari penelitian ini adalah mengetahui jenis toxic parents menurut Dunham dan Dermer, penyebab dan dampak yang ditmbulkan akibattoxic parenting. Jenis toxic parents berdasarkan konsepDunhamdanDermeryaitushowbizparents, contemptuousparents, danthe mommyordaddydearestparents. Adapunpenyebabdaridaritoxicparentingyaitu perasaankecewa yangdialami olehorangtuadi masalalu. Sementaraitu, dampak yang ditimbulkandaritoxicparentingyakni anakmemberontakterhadaporangtua.

KataKunci:Toxicparents,semiotika,unsurnaratif,film

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:46
Last Modified: 06 Mar 2024 08:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item