Search for collections on Undip Repository

INTERAKSI SOSIAL DALAM ANIME GEKIJOBAN VAIORETTO EVAAGAADEN(劇場版ヴァイオレット・エヴァーガーデン)KARYA SUTRADARA TAICHI ISHIDATE (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Rizka Angelina Oktavia, Rizka (2023) INTERAKSI SOSIAL DALAM ANIME GEKIJOBAN VAIORETTO EVAAGAADEN(劇場版ヴァイオレット・エヴァーガーデン)KARYA SUTRADARA TAICHI ISHIDATE (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Skripsi Rizka Angelina Oktavia (13020219140096) - Rizka Angelina Oktavia.docx

Download (158kB)

Abstract

Oktavia, Rizka Angelina, 2023. “Interaksi Sosial dalam Anime “Gekijoban Vaioretto Evaagaaden”Karya Sutradara Taichi Ishidate (Kajian Sosiologi Sastra)”, Skripsi, Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Universitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing Skripsi Yuliani Rahmah, S.Pd., M.Hum.

Penelitian ini menggunakan objek material berupa anime berjudul Gekijoban Vaioretto Evaagaaden. Sedangkan objek formal pada penelitian ini adalah interaksi sosial.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk interaksi sosial pada anime Gekijoban Vaioretto Evaagaaden karya sutradara Taichi Ishidate dengan menggunakan metode sosiologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur naratif film oleh Himawan Pratista dan teori interaksi sosial oleh Gillin dan Gillin.

Penelitian ini memaparkan hasil struktur naratif film berupa hubungan naratif dengan ruang, hubungan naratif dengan waktu, dan struktur tiga babak.Adapun hasil penelitian berdasarkan teori interaksi sosial Gillin dan Gillin dalam anime Gekijoban Vaioretto Evaagaaden terbagi menjadi dua bentuk, yaitu interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatif ditemukan dalam bentuk kerjasama dan akomodasi dalam bentuk toleransi. Untuk interaksi sosial disosiatif, ditemukan bentuk kontravensi dan konflik.

Kata kunci: Anime, Interaksi Sosial, Sosiologi Sastra, Gekijoban Vaioretto Evaagaaden

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:24
Last Modified: 06 Mar 2024 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item