Search for collections on Undip Repository

SHINSEIJIN: REGULASI PENURUNAN USIA KEDEWASAAN DI JEPANG 新成人:日本での成人年齢引き下げ法律

Fita Alvia Dwimaharsi, Fita (2023) SHINSEIJIN: REGULASI PENURUNAN USIA KEDEWASAAN DI JEPANG 新成人:日本での成人年齢引き下げ法律. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
skripsi full Fita Alvia D_compressed (1)_compressed-compressed - fita dwimaharsi.docx

Download (214kB)

Abstract

INTISARI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis ketika melihat berita mengenai adanya perubahan usia kedewasaan di Jepang menjadi 18 tahun, karena ini merupakan perubahan pertama sejak usia kedewasaan 20 tahun ditetapkan sejak tahun 1876. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) Mendeskripsikan alasan di balik penurunan usia kedewasaan dari 20 tahun menjadi 18 tahun di Jepang, (2) Mengetahui tanggapan masyarakat Jepang mengenai perubahan kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan.
Hasilnya adalah ada beberapa faktor yang menjadi alasan penurunan usia kedewasaan menjadi 18 tahun, diantaranya: faktor politik, faktor sosial budaya, dan faktor ekonomi. Masyarakat Jepang telah mengetahui adanya penurunan usia kedewasaan menjadi 18 tahun pada tahun 2022, ada yang menyetujui dan ada pula yang tidak menyetujui keputusan penurunan usia kedewasaan dari 20 tahun menjadi 18 tahun tersebut.
Kata kunci: Penurunan usia kedewasaan, Faktor, Pendapat masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:18
Last Modified: 05 Mar 2024 08:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item View Item