Search for collections on Undip Repository

FENOMENA JOUHATSU SEBAGAI COPING MECHANISMTERHADAP TEKANAN SOSIAL DI JEPANG 日本における社会的圧力に対する対処メカニズムとしてのジョウハツ現象

RIZKY KURNIAWAN RIYADI PUTRA, Rizky (2023) FENOMENA JOUHATSU SEBAGAI COPING MECHANISMTERHADAP TEKANAN SOSIAL DI JEPANG 日本における社会的圧力に対する対処メカニズムとしてのジョウハツ現象. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
FENOMENA JOUHATSU SEBAGAI COPING MECHANISMTERHADAP TEKANAN SOSIAL DI JEPANG.docx

Download (227kB)

Abstract

INTISARI
Putra, Rizky Kurniawan Riyadi2023. “FenomenaJouhatsuSebagaiCoping MechanismTerhadapTekanan Sosial Di Jepang”, Skripsi, Bahasa dan KebudayaanJepang, FakultasIlmuBudaya, Universitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing:Arsi Widiandari, S.S., M.Si dan Nisia Nur Dwi Agusta S.Hum., M.Si.
Penelitianinimembahastentangfenomenajouhatsusertaketerkaitannyadenganjouhatsusebagaicoping mechanismterhadaptekanansosial di Jepang. Tujuan daripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanatekanansosialdapatmenjadikancoping mechanismseseoranguntukmelakukanjouhatsu dan apasajabentukcoping mechanismtersebutditinjaudaripermasalahan yang dialamipelakujouhatsu.Metodepenelitian yang digunakandalamskripsiiniadalahmetodestudikepustakaan yang bersumber pada buku, jurnal, artikelilmiah, media massa, video, dan sumberlainnya. Peneliti juga menggunakanmetodependekatangabunganantarakualitatif dan deskriptifuntukmemahamifenomenasosialmelaluigambaranholistik dan memperbanyakpemahaman yang mendalamterkaitfenomena yang akanditeliti. Teori yang digunakanadalahteoricoping mechanismdari buku Stress, appraisal, and coping(Lazarus & Folkman, 1984). Penelitian ini memiliki objek penelitian yaitu pelaku jouhatsu dan bentuk coping mechanism yang digunakan yang bersumber dari video atau dokumentasi cetak yang berasal darihasil wawancara terhadap narasumber, yaitupelaku jouhatsuatau kerabat pelaku jouhatsu.Pada penelitianini, seseorang yang melakukantindakanjouhatsumenggunakanjouhatsusebagaicoping mechanismataspermasalahansosialdi lingkungansekitarpelaku. Adapunberbagaiindikatorcoping mechanismseperti; kabur, mencaridukungansosial, menerimatanggungjawab, konfrontasi, dan membuatjarak.
Kata kunci :jouhatsu,coping mechanism, tekanansosial, Jepang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:59
Last Modified: 05 Mar 2024 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item