Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN PRINSIP CABOTAGE DALAM PENGATURAN PENERBANGAN NASIONAL DI ERA ASEAN OPEN SKY POLICY : KAJIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL. _61 HI 2019

MAHESA, AMANDA TITA and Susetyorini, Peni and Prabandari, Adya Paramita (2024) PENERAPAN PRINSIP CABOTAGE DALAM PENGATURAN PENERBANGAN NASIONAL DI ERA ASEAN OPEN SKY POLICY : KAJIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL. _61 HI 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Amanda Tita Mahesa-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
Amanda Tita Mahesa-dapus.pdf

Download (119kB)

Abstract

Prinsip Cabotage merupakan suatu kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia selain untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, juga untuk menjamin perusahaan penerbangan nasional tetap tumbuh dan menguasai pasar penerbangan domestik di Indonesia. Pasar tunggal penerbangan ASEAN (ASEAN Single Aviation Market) pada tahun 2015 melahirkan Kebijakan Ruang Terbuka ASEAN (ASEAN Open Sky Policy). Melalui kebijakan ini, maskapai penerbangan asing bebas untuk masuk ke Indonesia melalui lima bandar udara yang telah diperjanjikan untuk dibuka dalam pelaksanaan kebijakan ini sesuai pengaturan lalu lintas yang telah ditetapakan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai regulator. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip cabotage dalam penerbangan Indonesia pada era ASEAN Open Sky Policy dan menganalisis pengaturan lalu lintas udara oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai regulator. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder, yang didukung dengan wawancara yang dilakukan dengan narasumber yang kompeten. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu penelitian kepustakaan dengan analisis data menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa penerapan prinsip cabotage dalam penerbangan nasional tetap diterapkan dan mengatur bahwa maskapai penerbangan asing yang tidak berkedudukan hukum di Indonesia tidak dapat melakukan kegiatan penerbangan domestik Indonesia dan pengaturan lalu lintas oleh Pemerintah dilakukan salah satunya melalui pengaturan slot time di setiap bandar udara.
Kata Kunci : Cabotage, Penerbangan Nasional, ASEAN Open Sky Policy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cabotage, Penerbangan Nasional, ASEAN Open Sky Policy
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:48
Last Modified: 19 Mar 2024 01:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item