Search for collections on Undip Repository

STRUKTUR DAN MAKNA ONOMATOPE DALAM ACARA VARIETAS NOGIZAKA KOUJICHUU 「乃木坂工事中」というテレビ番組におけるオノマトペの構造と意味

Naila Nabila Rosyadi, Naila (2023) STRUKTUR DAN MAKNA ONOMATOPE DALAM ACARA VARIETAS NOGIZAKA KOUJICHUU 「乃木坂工事中」というテレビ番組におけるオノマトペの構造と意味. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI_NAILA NABILA ROSYADI (FIX)_compressed - Naila Nabila Rosyadi.docx

Download (404kB)

Abstract

Rosyadi, Naila N. 2023. Struktur dan Makna Onomatope dalam Acara Varietas Nogizaka Koujichuu. Skripsi. Program Studi S-1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing Elizabeth Ika Hesti Aprilia Nindia Rini, S.S., M.Hum.. Penelitian ini membahas tentang struktur dan makna onomatope dalam acara varietas Nogizaka Koujichuu. Onomatope dalam bahasa Jepang pada dasarnya merupakan bagian dari adverbia, akan tetapi saat berkonstruksi dalam kalimat diidentifikasikan menjadi verba, adjektiva, dan nomina. Acara varietas ini memiliki tema yang berbeda di setiap episode, sehingga onomatope yang digunakan akan bervariasi menyesuaikan episode yang tayang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan struktur onomatope dalam acara varietas Nogizaka Koujichuu, dan 2) mendiskripsikan makna onomatope dalam acara varietas Nogizaka Koujichuu. Data penelitian dikumpulkan dari video acara varietas Nogizaka Koujichuu episode 351 – 374 menggunakan metode simak. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode distribusional untuk menganalisis struktur dan metode padan untuk analisis makna. Hasil analisis data disajikan menggunakan metode informal. Kesimpulan dari penelitian ini terbagi menjadi 2, yakni hasil analisis stuktur dan makna. Hasil analisis struktur onomatope ditemukan 1) struktur adverbia 'onomatope + verba', 'onomatope + と+ verba', 'onomatope + nomina', dan 'onomatope
+ に+ verba'; 2) struktur verba 'onomatope + する'; 3) struktur adjektiva 'onomatope
+ です', 'onomatope + の+ nomina', dan 'onomatope + な+ nomina'; dan 3) struktur nomina 'onomatope + が+ verba ', 'onomatope + でも', dan 'onomatope + みたいな'. Hasil analisis makna onomatope ditemukan makna 'keadaan atau emosi manusia', 'kondisi kesehatan manusia', 'pergerakan manusia', 'karakteristik fisik manusia', 'keadaan atau sifat benda', 'pergerakan benda', 'fenomena alam', dan 'suara atau bunyi manusia'.

Kata kunci: onomatope, struktur, makna, sintaksis, semantik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 05 Mar 2024 05:49
Last Modified: 05 Mar 2024 05:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item