Search for collections on Undip Repository

PENGARUH LIFESTYLE OF HEALTH AND SUSTAINABILITY (LOHAS) CONSUMPTION TENDENCY TERHADAP SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI (Studi Empiris pada Konsumen Produk Kecantikan Berkelanjutan pada Generasi Y dan Z di Kota Semarang)

IRWANTO, Nabila Fadiya Amany (2023) PENGARUH LIFESTYLE OF HEALTH AND SUSTAINABILITY (LOHAS) CONSUMPTION TENDENCY TERHADAP SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI (Studi Empiris pada Konsumen Produk Kecantikan Berkelanjutan pada Generasi Y dan Z di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140184.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140184.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140184.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140184.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140184.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Industri kosmetik merupakan industri yang mulai berkembang pesat dan
banyak diminati oleh masyarakat dalam membeli produk-produk kosmetik
nasional maupun internasional. Di Indonesia tingkat pertumbuhan industri
kosmetik berkembang sangat pesat. Beberapa permasalahan lingkungan, seperti
pemanasan global yang mengakibatkan permukaan bumi mulai menghangat dan
atmosfer menjadi lebih rendah, sehingga masyarakat mulai menyadari pentingnya
menjaga lingkungan. Akibatnya, mereka mulai mencari cara untuk menjaga masa
depan Bumi, khususnya untuk Gen Y dan Gen Z, yang akan menjadi pelaku
ekonomi di masa depan. Tujuan penelitian ini akan difokuskan pada bagaimana
pengaruh LOHAS Consumption Tendency terhadap Sikap Ramah Lingkungan
dan Kepercayaan Konsumen serta pengaruhnya terhadap Minat Beli khususnya
pada Gen Y dan Gen Z.
Penelitian ini mengembangkan kerangka penelitian berdasarkan teori faktor
ganda dan teori SOR dari penelitian sebelumnya. Kerangka penelitian ini
digunakan untuk menganalisis hubungan antara LOHAS Consumption Tendency,
Kepercayaan Konsumen, Sikap Ramah Lingkungan, dan Minat Beli. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Proses
pengumpulan data melibatkan 112 responden dengan format kuesioner pertanyaan
terbuka dan tertutup yang berkaitan dengan informasi pribadi. Berusia antara 17
hingga 42 tahun, responden Gen Y dan Gen Z dalam survei ini menggunakan
produk kosmetik minimal satu tahun. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara
kuantitatif dan struktural menggunakan Modeling Equation of Structural (SEM),
yang dibantu oleh program Analysis Moment of Structural (AMOS 24).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kecenderungan konsumsi LOHAS
berdampak positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen dan Sikap
Ramah Lingkungan, Kepercayaan Konsumen juga berdampak positif terhadap
Sikap Ramah Lingkungan seseorang, dan Kepercayaan Konsumen dan Sikap
Ramah Lingkungan juga dapat meningkatkan Minat Beli seseorang untuk
membeli produk kecantikan berkelanjutan. Selain itu, Kepercayaan Konsumen
dan Sikap Ramah Lingkungan menunjukkan bahwa keduanya dapat memediasi
LOHAS Cosumption Tendency. Oleh karena itu, setiap hipotesis yang dibahas
dalam penelitian ini diakui. Diharapkan bahwa temuan penelitian tentang
implikasi manajemennya akan membantu industri kecantikan beralih atau
mengembangkan produk kecantikan yang ramah lingkungan di masa yang akan
datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LOHAS Consumption Tendency, Kepercayaan Konsumen, Sikap Ramah Lingkungan, Minat Beli, Industri Kecantikan Berkelanjutan, Gen Y dan Gen Z Konsumsi Berkelanjutan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:46
Last Modified: 30 Apr 2024 04:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item