Search for collections on Undip Repository

LINGKUNGAN FISIK RUMAH SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA KEJADIAN TB PARU (STUDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CISOKA KABUPATEN TANGERANG)

AGUSTINA, RIZKI ALIFIA (2024) LINGKUNGAN FISIK RUMAH SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA KEJADIAN TB PARU (STUDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CISOKA KABUPATEN TANGERANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RIZKI ALIFIA.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Salah satu faktor risiko terjadinya tuberculosis paru yaitu lingkungan rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara kondisi fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru di wilayah kerja Puskesmas Cisoka Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain desain case control dan analisis observasional. Sampel penelitian diambil dengan metode proportionated random sampling melibatkan 39 responden kelompok kasus dan 39 responden kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan mengamati kondisi fisik rumah dan wawancara dengan kuesioner. Berdasarkan hasil statistik dengan uji Chi-Square, ditemukan bahwa variabel kepadatan hunian (p = 0,115), luas ventilasi (p = 0,005; OR = 4,314), jenis lantai (p = 0,193;OR = 3,097) dan jenis dinding (p = 1,000; OR = 1,000). Terlihat bahwa terdapat hubungan antara luas ventilasi dengan kejadian tuberkulosis paru di wilayah kerja Puskesmas Cisoka

Kata kunci : Lingkungan fisik rumah, Kejadian Tuberkulosis Paru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:11
Last Modified: 05 Mar 2024 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21550

Actions (login required)

View Item View Item