Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA KOTA SEMARANG

RAMDANY, LULU LAELY (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LULU LAELY.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Kota Semarang menjadi kota endemis DBD dengan tingkat risiko yang cukup tinggi. Pondok Pesantren merupakan tempat dengan mobilitas dan kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga berisiko terhadap penyebaran demam berdarah dengue. Ditemukannya jentik-jentik dan gejala kesakitan DBD dapat terjadi karena minimnya upaya santri dalam melakukan pencegahan DBD di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan DBD pada santri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian berjumlah 105. Penentuan sampel berdasarkan kriteria inklusi yang ditetapkan peneliti dan berjumlah 91 santri. Hasil penelitian menunjukkan 46,2% santri melakukan praktik pencegahan DBD dengan baik, sedangkan 53,8% santri kurang baik dalam praktik pencegahan DBD. Uji statistik chi-square (ꭤ=0,05) menunjukkan ada hubungan antara jenis kelamin (p-=0,00), jenjang pendidikan (p=0,025), dukungan pengasuh/kiai (p=0,026), dukungan pengurus (p=0,002), dukungan teman (p=0,002), dan dukungan orang tua (p=0,018) dengan praktik pencegahan DBD. Namun tidak ada hubungan antara usia (p=0,218), pengetahuan (p=0,618), sikap (p=0,089), ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana (p=0,332), aksesibilitas sumber informasi (p=0,174), regulasi pondok pesantren (p=0,231), dan dukungan asatidz (p=0,202) dengan praktik pencegahan DBD. Perlu adanya dukungan materiil dan non materiil dari pondok pesantren dan perlu kesadaran dari santri untuk saling peduli, mengingatkan, mengajak, serta menegur untuk gotong royong (roan) dalam mencegah DBD melalui pemberantasan sarang nyamuk.

Kata Kunci : Pencegahan Demam Berdarah Dengue; Santri; Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:59
Last Modified: 04 Mar 2024 04:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item