Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 1240/Pid.Sus/2022/PN.Tng dan Putusan Pengadilan Negeri Bale Nomor 576/Pid.Sus /2022/PN Blb). _006 Acara 2024

NISRINA, ENDAH and Sukinta, Sukinta and Cahyaningtyas, Irma (2024) TINJAUAN TENTANG PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 1240/Pid.Sus/2022/PN.Tng dan Putusan Pengadilan Negeri Bale Nomor 576/Pid.Sus /2022/PN Blb). _006 Acara 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
ENDAH NISRINA - cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
ENDAH NISRINA - dapus.pdf

Download (134kB)

Abstract

Pemberantasan tindak pidana pencucian uang dalam sistem peradilan pidana di Indonesia memiliki perbedaan sistem pembuktian dibandingkan dengan tindak pidana lain. Melalui rezim anti pencucian uang yang tertuang dalam Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang membuat aparat penegak hukum tidak hanya memberantas tindak pidana pencucian uang itu sendiri melainkan juga harta kekayaan hasil tindak pidana pencucian uang. Pada perkembangan pemberantasan tindak pidana pencucian uang masih memiliki tantangan dalam mengatasi persoalan pemulihan asset (asset recovery) harta kekayaan hasil tindak pidana pencucian uang, terutama terhadap disparitas putusan hakim mengenai hasil tindak pidana pencucian uang yang dinilai masih belum mencerminkan keadilan karena belum ada pedoman yang mengatur mengenai hal tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji mengenai mekanisme pembuktian tindak pidana pencucian uang dan implikasi putusan hakim terhadap hasil tindak pidana pencucian uang dengan menggunakan metode penelitian normatif. Tulisan ini menemukan bahwa terdapat banyak aturan mengenai pembuktian TPPU yang masih kontradiktif serta wewenang penyidik dan PPATK yang masih rancu sehingga aparat penegak hukum sulit untuk membuktikan unsur-unsur dalam TPPU serta perampasan aset yang masih terbatas pada rekening bank yang terdaftar di dalam PJK.
Kata Kunci: Pembuktian; Tindak Pidana Pencucian Uang; Pemulihan Aset

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembuktian; Tindak Pidana Pencucian Uang; Pemulihan Aset
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:18
Last Modified: 04 Mar 2024 02:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item