Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA KESELAMATAN KERJA DENGAN SAFETY BEHAVIOR PADA PEKERJA RESTO DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL

WULANDARI, LUTHFIA DESTY (2024) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA KESELAMATAN KERJA DENGAN SAFETY BEHAVIOR PADA PEKERJA RESTO DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LUTHFIA DESTY.pdf - Published Version

Download (500kB)

Abstract

Masih banyak terdapat resto makanan yang lalai akan keselamatan pekerjanya serta masih banyak pekerja yang berperilaku tidak aman sehingga budaya keselamatan kerja belum terbentuk dengan baik di tempat kerja tersebut. Hal tersebut dapat dibuktikan pada pekerja resto di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal yang memiliki keluhan seperti terluka, cedera pada tangan dan kaki, serta terkena cipratan minyak atau bara api. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor pembentuk budaya keselamatan kerja dengan Safety Behavior pada sektor informal khususnya pekerja resto di Kecamatan Boja Kebupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan observasi. Besar populasi pekerja dan sampel berjumlah 35 responden pekerja resto. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2023 hingga Desember 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan Uji yang digunakan adalah Chi-Square guna melihat hubungan antar variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian ini adalah Umur, Pendidikan terakhir, Pengetahuan K3, Komitmen manajemen, Peraturan dan Prosedur K3, Keterlibatan Pekerja, Komunikasi, Lingkungan Sosial, dan Kompetensi.
Berdasarkan uji statistik Chi-Square, menunjukan faktor pembentuk budaya K3 yang berhubungan dengan safety behavior adalah pengetahuan (p=0,005), komitmen manajemen (p=0,001), peraturan dan prosedur K3 (p=0,001), keterlibatan pekerja (p=0,023), komunikasi (p=0,006), dan kompetensi (p=0,021). Sedangkan yang tidak berhubungan yaitu umur (p=0,445), pendidikan terakhir (p=0,598), lingkungan sosial (p=0,127). Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas pengetahuan k3, komitmen manajemen, peraturan dan prosedur k3, keterlibatan pekerja, komunikasi, dan kompetensi berhubungan dengan safety behavior pada pekerja resto di kecamatan boja kabupaten kendal.

Kata kunci: Budaya Keselamatan Kerja; Safety Behavior; Sektor Informal; Resto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:53
Last Modified: 01 Mar 2024 06:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item