Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PROGRAM KENDARAAN BERMOTOR LISTRIK BERBASIS BATERAI UNTUK TRANSPORTASI JALAN TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP. _009 Hukum Administrasi Negara 2024

HARDIYAN, SALWA PUTRI and Wibawa, Kadek Cahya Susila and Azhar, Muhamad (2024) IMPLIKASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PROGRAM KENDARAAN BERMOTOR LISTRIK BERBASIS BATERAI UNTUK TRANSPORTASI JALAN TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP. _009 Hukum Administrasi Negara 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_cover.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_abstrak.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
Salwa Putri Hardiyan_dapus.pdf

Download (255kB)

Abstract

Perubahan iklim merupakan permasalahan dunia yang mendesak yang disebabkan adanya pemanasan global dengan salah satu penyebabnya, yaitu adanya peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK). Salah satu sektor yang masif menyumbang emisi GRK adalah pada sektor transportasi. Untuk menanggulangi hal tersebut maka dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang
Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan sebagai landasan hukum peralihan penggunaan kendaraan konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Dalam pelaksanaannya perlu ditinjau kembali bagaimana dampak dari kebijakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBL Berbasis Baterai) terhadap lingkungan hidup.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penulisan hukum doktrinal dengan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder. Teknis analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat prospek yang menjanjikan dari adanya kebijakan KBL Berbasis Baterai sebagai upaya transisi energi menjadi energi baru terbarukan serta memberikan peluang bagi sektor industri nikel dalam negeri dengan adanya peraturan turunan yang mengatur lebih teknis pelaksanaan
dari kebijakan KBL Berbasis Baterai. Namun, kebijakan KBL Berbasis Baterai memberikan dampak positif dan negatif terhadap lingkungan hidup. Kebijakan KBL Berbasis Baterai telah memberikan penurunan emisi GRK dalam sektor transportasi di Indonesia, namun secara bersamaam memberikan ancaman kerusakan lingkungan dengan adanya aktivitas penambangan nikel, penggunaan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan air limbah dari limbah baterai yang tidak sejalan dengan prinsip dalam peraturan perundang-undangan.
Kata Kunci : Implikasi Kebijakan; Kendaraan Bermotor Listrik; Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implikasi Kebijakan; Kendaraan Bermotor Listrik; Lingkungan Hidup
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 04:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item