Search for collections on Undip Repository

EKSEKUSI OBJEK JAMINAN KAPAL NELAYAN AKIBAT WANPRESTASI (STUDI DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH CABANG PATI). _013 Perdata 2024

Pramudya, Amanda Silvi and Badriyah, Siti Malikhatun and Prananda, Rahandy Rizki (2024) EKSEKUSI OBJEK JAMINAN KAPAL NELAYAN AKIBAT WANPRESTASI (STUDI DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH CABANG PATI). _013 Perdata 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_cover.pdf

Download (920kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Amanda Silvi Pramudya_dapus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank Jateng merupakan salah satu lembaga pembiayaan dalam bentuk Perbankan yang mau, menerima jaminan kapal nelayan, khususnya Bank Jateng Cabang Pati. Persetujuan kredit ini wajib selaras dengan ketentuan Perundangan agar sah dimata hukum. Apabila satu dari pihak tidak mencukupi kewajibannya selaras dengan persetujuan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak, sehingga konsekuensinya ialah munculnya eksekusi hukum karena debitor tidak mencukupi kewajibannya seperti yang sudah dijanjikan. Penelitian yang dijalankan bertujuan guna mengetahui dan menganalisis konsekuensi hukum yang timbul akibat wanprestasi debitur dengan jaminan kapal nelayan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Pati.
Selain itu, penelitian yang dijalankan juga bertujuan guna mengerti dan menganalisis penyelesaian wanprestasi terhadap persetujuan dengan jaminan kapal nelayan pada penyelenggaraan kredit usaha produktif di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Pati. Metode pendekatan yang dimanfaatkan ialah yuridis empiris dengan pendekatan deskriptif analitis. Data primer didapat dengan wawancara dengan Direktur Bisnis PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Pati dan Pemilik Kapal di Kecamatan Juwana,
sementara data sekunder berupa bahan hukum. Metode analisis yang dimanfaatkan ialah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jika eksekusi terhadap objek jaminan kapal nelayan yang timbul dari persetujuan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Pati wajib ditanggung sepenuhnya oleh pihak debitur. Maka sebab itu, ketika berlangsung wanprestasi yang disebabkan oleh ketidakmampuan pihak debitur membayar cicilan kredit, pihak bank perlu mencari penyelesaian, baik dengan proses litigasi atau non-litigasi.
Kata kunci: Jaminan Kapal Nelayan, Wanprestasi, Eksekusi terhadap Jaminan Kapal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jaminan Kapal Nelayan, Wanprestasi, Eksekusi terhadap Jaminan Kapal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:44
Last Modified: 03 Apr 2024 04:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item View Item