Search for collections on Undip Repository

KONTRIBUSI ASUPAN GIZI DARI APLIKASI FOOD DELIVERY DAN MAKANAN HARIAN TERHADAP KEJADIAN OVERWEIGHT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

NADZIROH, MINNATUN (2024) KONTRIBUSI ASUPAN GIZI DARI APLIKASI FOOD DELIVERY DAN MAKANAN HARIAN TERHADAP KEJADIAN OVERWEIGHT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MINNATUN.pdf - Published Version

Download (439kB)

Abstract

Prevalensi overweight terus naik secara signifikan dari 11,5% pada 2013 menjadi 13,6% di tahun 2018. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan overweight yaitu pola makan. Pola makan masyarakat Indonesia telah mengalami perubahan dengan munculnya aplikasi food delivery, dimana mempunyai kecenderungan makanan tinggi kalori dan lemak serta rendah serat sehingga dapat memicu terjadinya overweight. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kontribusi antara asupan gizi dari food delivery dan makanan harian dengan kejadian overweight pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Jenis penelitian ini yaitu observasional analitik dengan desain studi case control. Subjek penelitian terdiri dari 43 orang kelompok overweight dan 43 orang kelompok normal yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari timbangan berat badan digital, microtoise, SQ-FFQ, food recall 2x24 jam, recall aktivitas fisik dan kuesioner penelitian. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan asupan protein dari makanan harian (p=0,018), asupan lemak dari food delivery dan makanan harian (p=0,023, p=0,017) merupakan faktor risiko kejadian overweight pada mahasiswa. Adapun makanan yang sering dikonsumsi kelompok overweight untuk sumber protein dari makanan harian yaitu telur dengan frekuensi 5,03 kali/minggu, sedangkan untuk sumber lemak dari makanan harian adalah daging ayam dengan frekuensi 3,42 kali/minggu.

Keywords : asupan gizi, overweight, food delivery

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 28 Feb 2024 06:34
Last Modified: 28 Feb 2024 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21470

Actions (login required)

View Item View Item