Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU, FAKTOR GADGET, DAN INTENSITAS CAHAYA LOKAL DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) PADA GURU SMP KOTA SEMARANG

FACHRUDDIN, NABIILAH NOVIANTY (2024) HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU, FAKTOR GADGET, DAN INTENSITAS CAHAYA LOKAL DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) PADA GURU SMP KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NABIILAH EDIT.pdf - Published Version

Download (497kB)

Abstract

Sebuah SMP Kota Semarang memiliki sistem pembelajaran yang mendukung penggunaan gadget bagi para guru selama 8 jam kerja. Tingginya intensitas penggunaan gadget oleh para guru di SMP tersebut, berpotensi tinggi mengalami kejadian CVS. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa 100% dari empat guru merasakan keluhan-keluhan yang mengarah pada CVS. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara faktor individu, faktor gadget, dan intensitas cahaya lokal dengan kejadian Computer Vision Syndrome (CVS) pada guru SMP Kota Semarang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan melibatkan 32 responden yang telah memenuhi kriteria penelitian. Data diambil menggunakan instrumen penelitian lembar kuesioner adaptasi (CVS-Q, CVSS17, dan penelitian terdahulu). Kuesioner ditanyakan melalui wawancara dan diolah statistik menggunakan uji Chi-Square (95% atau <0,05). Didapatkan hasil penelitian sebesar 75% responden mengalami CVS dan analisis statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara usia, kelainan refraksi mata, frekuensi berkedip, jenis gadget, jarak pandang, durasi waktu dengan kejadian CVS dengan p-value >0,05. Ada hubungan antara waktu istirahat dan intensitas cahaya lokal dengan kejadian CVS dengan p-value <0,05. Dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara waktu istirahat dan intensitas cahaya lokal dengan kejadian CVS pada guru SMP Kota Semarang.

Kata kunci : CVS, gadget, intensitas cahaya lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:22
Last Modified: 22 Mar 2024 04:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21458

Actions (login required)

View Item View Item