Search for collections on Undip Repository

Hubungan Lingkar Pinggang dan Abdominal Volume Index sebagai Parameter Obesitas Sentral terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa pada Dewasa

Tri Putri Simorangkir, Feona and Pramono, Adriyan and Nugraheni, Arwinda and Wijayanti, Lilis Hubungan Lingkar Pinggang dan Abdominal Volume Index sebagai Parameter Obesitas Sentral terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa pada Dewasa. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Feona Tri Putri Simorangkir.jpg

Download (155kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan prevalensi diabetes melitus (DM) searah dengan peningkatan prevalensi obesitas, termasuk obesitas sentral. Lingkar pinggang (LP) telah umum digunakan untuk mengidentifikasi obesitas sentral, sementara abdominal volume index (AVI) dapat mengukur lemak abdominal secara total melalui cakupan lemak tubuh di area pinggang dan pinggul.
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan antara LP dan AVI sebagai parameter obesitas sentral terhadap kadar glukosa darah puasa (GDP) pada dewasa.
Metode: Desain cross-sectional digunakan untuk menganalisis hubungan LP dan AVI sebagai variabel bebas dengan kadar GDP sebagai variabel terikat pada 76 orang dewasa berusia 20-59 tahun yang diperoleh melalui consecutive sampling. Aktivitas fisik, asupan energi, kondisi stres, tekanan darah, dan jenis kelamin menjadi variabel perancu.
Hasil: Sebanyak 21,1% subjek mengalami hiperglikemia dan 98,7% subjek mengalami obesitas sentral berdasarkan LP. Sebanyak 26,3% subjek mengalami stres, serta sebanyak 48,7% dan 40,8% subjek tekanan darah sistolik dan diastolik yang berisiko. Analisis bivariat pada perempuan menunjukkan hubungan positif antara kadar GDP dengan LP (r=0,517), AVI (r=0,517), kondisi stres (r=0,374) dan diastolik (r=0,304). Pada laki-laki, sistolik dan diastolik berhubungan positif dengan kadar GDP (r=0,400, r=0,468). Analisis multivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara kadar GDP, LP, dan AVI. Namun, kadar GDP berhubungan positif signifikan dengan variabel perancu termasuk kondisi stres [B=2,096], diastolik [B=0,277], dan jenis kelamin [B=21,030].
Simpulan: Pada perempuan, LP dan AVI berhubungan signifikan dengan kadar GDP, tetapi tidak pada total subjek. Namun, kadar GDP berhubungan positif signifikan dengan variabel perancu termasuk kondisi stres, diastolik, dan jenis kelamin sebagai variabel yang paling dominan.

Kata kunci: obesitas sentral, lingkar pinggang, AVI, glukosa darah puasa, dewasa

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:15
Last Modified: 22 Feb 2024 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item