PERMATASARI, Desvilia Dea (2023) THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING MODERATED BY INFLUENCERS ON CUSTOMER PURCHASING INTENTION TOWARDS BEAUTY PRODUCTS AMONG INTERNATIONAL STUDENTS IN AUSTRALIA. (STUDY OF L'ORÉAL PARIS). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Full text not available from this repository.Abstract
Lanskap pemasaran telah berubah secara dramatis di era digital modern,
sebagian besar disebabkan oleh meluasnya penggunaan platform media sosial.
Selain mengubah taktik pemasaran, platform-platform ini telah mengantarkan
pada periode baru dalam pengambilan keputusan konsumen di mana para
influencer memiliki pengaruh yang sangat kuat. Karena pengaruh dan
aksesibilitasnya yang luas, para influencer ini memiliki peran yang signifikan
dalam memengaruhi preferensi dan keputusan konsumen. Dengan fokus pada
produk kecantikan yang ditawarkan oleh L'Oréal Paris, penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan mengidentifikasi pengaruh pemasaran media sosial terhadap
niat beli produk kecantikan (L'Oréal Paris) di kalangan mahasiswa internasional
di Australia. Selain itu, penelitian ini juga mengajukan influencer sebagai
variabel moderasi pada pengaruh pemasaran media sosial terhadap niat beli
produk kecantikan. Penelitian ini menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA)
sebagai landasan teori. TRA dapat memprediksi perilaku dengan
mempertimbangkan sikap dan tekanan sosial yang sesuai dengan tujuan
penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
melalui metode survei terhadap mahasiswa internasional di Australia dan
dianalisis dengan moderated regression analysis. Sampel sebanyak 100
responden digunakan dan dipilih melalui teknik purposive sampling.
PROCESSv4.1 dari Hayes digunakan untuk menganalisis data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap niat beli, tetapi influencer tidak memoderasi
hubungan antara pemasaran media sosial dan niat beli. Ketidakmampuan
influencer untuk memoderasi pengaruh pemasaran media sosial terhadap niat
beli mungkin disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk ketidaksesuaian konten
influencer dengan merek yang dipromosikan, promosi yang berlebihan oleh
influencer pada produk atau layanan yang berbeda, dan perubahan kebijakan
algoritma media sosial yang dapat memengaruhi keefektifan kampanye
pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influencer, pemasaran sosial media, niat pembelian |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Users 243 not found. |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 04:32 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 04:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21278 |
Actions (login required)
View Item |