Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Vitamin D3 Terenkapsulasi Liprotida terhadap Kadar PTH dan Mikrostruktur Tulang: Studi In Vivo pada Tikus Wistar dengan Diet Defisiensi Vitamin D dan Kalsium

Shauma, Claradhita Ayu and Anjani, Gemala and Fulyani, Faizah (2024) Pengaruh Vitamin D3 Terenkapsulasi Liprotida terhadap Kadar PTH dan Mikrostruktur Tulang: Studi In Vivo pada Tikus Wistar dengan Diet Defisiensi Vitamin D dan Kalsium. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (CLARADHITA AYU SHAUMA-22030120410029-TESIS-ABSTRAK)
CLARADHITA AYU SHAUMA-22030120410029-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)

Abstract

Latar Belakang: Vitamin D (25(OH)D) adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berperan penting dalam mineralisasi tulang dan proses metabolisme lainnya dalam tubuh manusia. Kadar vitamin D yang memadai diperlukan dan dapat dicapai melalui suplementasi makanan. Di sisi lain, vitamin D tidak stabil di lingkungan gastrointestinal dan memiliki bioavailabilitas yang rendah. Kompleks protein-lipid (liprotida) dapat digunakan sebagai cangkang untuk meningkatkan stabilitas dan bioavailabilitas vitamin D. Liprotida juga dapat bertindak sebagai sistem pengiriman untuk membawa vitamin D hingga ke targetnya. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian vitamin D3 terenkapsulasi liprotida terhadap kadar PTH dan mikrostruktur tulang pada model tikus dengan defisiensi vitamin D dan kalsium (VD-Ca). Metode: Desain true experimental-pre post control group. Sebanyak 24 ekor tikus Wistar dibagi menjadi empat kelompok, yaitu kelompok kontrol normal (K), kelompok tikus defisiensi VD-Ca tanpa perlakuan (K-), kelompok tikus defisiensi VD-Ca dengan vitamin D3 bebas (FVD3), dan kelompok tikus defisiensi VD-Ca dengan vitamin D3 terenkapsulasi (LVD3). Pemberian intervensi vitamin D3 diberikan melalui sonde selama 28 hari. Kadar PTH serum diukur dengan metode ELISA dan mikrostruktur tulang diamati menggunakan SEM. Data dianalisis dengan Paired T Test/Wilcoxon dan One-Way Anova/Kruskal Wallis. Hasil: Tikus dengan defisiensi VD-Ca yang disuplementasi vitamin D3 (kelompok FVD3 dan LVD3) mengalami penurunan kadar PTH serum (p<0,001) dan perbaikan mikrostruktur tulang yang signifikan (p<0,05) dibandingkan dengan kelompok K(-). Penurunan kadar PTH serum dan perbaikan mikrostuktur tulang parameter Ct.Wi pada kelompok LVD3 lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok FVD3. Simpulan: Terdapat pengaruh pemberian vitamin D3 terenkapsulasi liprotida terhadap kadar PTH dan mikrostruktur tulang pada model tikus defisiensi vitamin D dan kalsium.

Kata kunci: Liprotida, Vitamin D3, Kalsium, PTH, Mikrostruktur Tulang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Liprotida, Vitamin D3, Kalsium, PTH, Mikrostruktur Tulang
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nutrition Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:04
Last Modified: 19 Feb 2024 03:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item